Waspada, Google Search Jadi Sasaran Penjahat Dunia Maya.

Waspada, Google Search Jadi Target Penjahat Dunia Maya.
Halaman depan mesin pencari Google.(google.com)

PARA peretas semakin sering menggunakan iklan daring untuk tujuan jahat. Selain WhatsApp, saat ini, fitur Google Search juga dimanfaatkan peretas sebagai celah berbuat jahat.

Seiring meningkatnya kecanggihan di dunia maya, skema penipuan pun ikut beragam. Salah satu yang menjadi ancaman adalah iklan jahat di suatu website. Modus seperti ini disebut malvertising.

Pada 2023 lalu, perusahaan Malwarebytes menemukan peningkatan sebesar 42% dari bulan ke bulan dalam insiden malvertising di Amerika Perkumpulan (AS). 

Baca juga : Google Hadirkan Fitur Sedang Trending di Indonesia

Segala jenis merek menjadi sasaran, baik untuk tujuan phishing atau untuk malware yang sebenarnya.

“Apa yang saya lihat hanyalah puncak gunung es,” kata direktur senior penelitian di Malwarebytes Jerome Segura.

Banyak dari iklan jahat ini muncul sebagai konten bersponsor pada kueri di desktop atau perangkat seluler browser.

Cek Artikel:  Link Live Streaming Rilis iPhone 16, akan Terdapat Apple Watch 10 hingga AirPods Max 2

Baca juga : Rupanya Google Memantau Ponsel Engkau 24 Jam! Begini Metode Memblokirnya

Tetapi, kode berbahaya juga dapat disembunyikan dalam iklan yang muncul di situs web utama yang rutin dikunjungi konsumen.

Banyak dari iklan jahat ini muncul sebagai konten bersponsor di mesin pencari. Tetapi, kode jahat juga dapat disembunyikan dalam iklan yang muncul di situs web utama yang sering dikunjungi konsumen. Beberapa iklan ini hanya akan menjerat konsumen yang mengekliknya.

Karyawan perusahaan juga dapat menjadi target malvertising. Tampilan yang begituan nyata membuat kita seakan terkecoh.

Baca juga : Metode Membikin Iklan Ramadan yang Dampaktif

“Anda melihat mereknya, bahkan logo resmi merek tersebut, dan bagi Anda itu cukup untuk menganggapnya nyata,” kata Segura.

Cek Artikel:  Mengapa Vidi Aldiano hingga Pevita Pearce Memilih Samsung Galaxy Z Flip 6 Ini Kecanggihannya

Bukan salah Google 

Sebenarnya ini bukan masalah dengan Google, iklan jahat juga dapat muncul dalam mesin pencari lain seperti Bing milik Microsoft. Hanya saja Google adalah mesin pencari yang sangat banyak digunakan dan orang-orang memercayainya dan lengah. 

Baca juga : 8 HP Google Pixel Terbaru, Setara iPhone Harga Terjangkau

“Anda melihat sesuatu muncul pada pencarian Google, Anda menganggapnya sebagai sesuatu yang valid,” kata Stuart Madnick, profesor teknologi informasi di MIT Sloan School of Management. 

Berhati-hatilah saat mengeklik

Hindari mengeklik tautan sponsor yang muncul selama pencarian internet. Sering kali, iklan pertama di bawah iklan sponsor akan menjadi produk yang mereka cari, dan karena tidak disponsori, kecil kemungkinannya untuk disingkirkan oleh kode berbahaya atau upaya phishing.

Cek Artikel:  Solusi Keamanan Fungsional Pabrik dari Mitsubishi Electric

Kalau Anda mengeklik tautan sponsor, periksa URL di bagian atas halaman web untuk memastikan bahwa tautan tersebut benar-benar berada di tempat yang dituju sebelum mengambil tindakan lain. 

Hindari ‘unduh secara otomatis’

Unduhan otomatis dapat memengaruhi orang yang sekadar mengunjungi situs web yang terinfeksi kode berbahaya, umumnya bergantung pada kerentanan pada peramban pengguna. 

Hal ini tidak menjadi ancaman bagi orang yang selalu memperbarui peramban dan ekstensi peramban mereka.

Konsumen yang menemukan iklan mencurigakan harus melaporkannya ke mesin pencari untuk diselidiki dan dihapus jika dianggap berbahaya.

“Anda harus berasumsi bahwa hal ini dapat terjadi pada Anda, tidak peduli seberapa berhati-hatinya Anda,” kata Madnick. (Z-1)

Mungkin Anda Menyukai