Peneliti atau Gali

SAMPAI hari ini barangkali tidak ada satu pun preman yang menyambi menjadi peneliti. Sama sekali tak nyambung, memang. Yang satu mengandalkan otot, satu lagi menjadikan kemampuan otak sebagai panglima. Kerja preman berdasarkan spontanitas, sedangkan kerja peneliti mesti diawali dengan landasan berpikir yang jelas, rasional, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tetapi, jika dibalik, peneliti yang berkelakuan seperti preman, rupanya ada. Alih-alih memaksimalkan keilmuwan dan keenceran otak yang dimiliki, peneliti jenis seperti itu justru tak sungkan mengedepankan otot dan emosi. Pikirannya pendek, merasa paling benar. Ujung-ujungnya main ancam, bahkan mengancam membunuh orang-orang yang tak sependapat dengannya. Duh Gusti, ini sebetulnya peneliti atau gali?

Bahkan gali sekalipun mungkin masih berpikir ulang beberapa kali untuk berani mengirimkan ancaman kepada satu kelompok organisasi masyarakat besar, bukan sebatas ancaman kepada individu. Tetapi rupanya peneliti Badan Riset dan Penemuan Nasional (BRIN) Andi Pangerang Hasanuddin punya kenekatan melebihi gali.

Ia tak perlu berpikir panjang untuk berani menebar ancaman kepada Muhammadiyah yang dianggapnya tidak taat terhadap pemerintah dalam hal penetapan 1 Syawal 1444 H. Ancamannya pun tidak main-main. Ia mengancam membunuh satu-satu warga Muhammadiyah sekaligus menantang siap dilaporkan dengan ancaman pasal pembunuhan. Mengerikan.

Cek Artikel:  Fulus Kuliah Tersier

Cocoklah seperti yang dikatakan seorang kawan, negeri ini semakin ke sini rasanya semakin semrawut dengan pikiran-pikiran dan perilaku yang nyaris tak masuk akal. Ketika orang awam sudah bisa menghargai perbedaan pandangan, orang-orang yang kita anggap pintar malah berpikiran amat kerdil, memanfaatkan perbedaan itu untuk memprovokasi dan main ancam.

Di saat negara berupaya menjunjung penghormatan terhadap perbedaan sikap dan pendapat, seorang peneliti di sebuah lembaga riset milik negara justru dengan pongah menginjak-injaknya. Sangat disayangkan, kewarasan dan intelektualitasnya (kalau dia punya) kalah oleh kebenciannya terhadap kelompok tertentu.

Apabila dibiarkan, ia berpotensi melakukan kejahatan dengan latar kebencian (hate crime) seperti banyak kisah yang sering kita baca tentang pembunuhan massal di luar negeri, yang diawali dengan kebencian terhadap kelompok dengan latar identitas tertentu. Ia bahkan mungkin bisa ditempatkan satu tingkat di bawah teroris karena sama-sama menebar teror dan ancaman terhadap satu kelompok masyarakat yang dibencinya.

Cek Artikel:  Makan Gratis Memang Agak Laen

Muhammadiyah barangkali bisa menghadapinya dengan kalem dan memilih menjauh dari provokasi murahan semacam itu. Tetapi siapa yang menjamin orang yang sama tidak akan melakukan ancaman serupa terhadap kelompok lain atau bahkan terhadap individu lain? Kalau organisasi besar dan sangat dihormati seperti Muhammadiyah saja berani ia ancam dan maki-maki, bagaimana dengan orang biasa yang tak punya kekuatan apa-apa?

Karena itu, semestinya polisi tidak boleh kalem. Mengancam untuk membunuh adalah kejahatan serius. Sama sekali tak boleh diabaikan. Kiranya polisi bisa menindaknya tanpa menunggu dia merealisasikan ancamannya, bukan? Apalagi kini sudah ada pihak yang melaporkan ancaman si peneliti itu, rasanya tak elok kalau polisi tak segera mengusutnya meskipun permintaan maaf secara terbuka sudah ia sampaikan.

Tetapi, buat saya, yang paling menjengkelkan ialah kok bisa-bisanya orang sejenis AP Hasanuddin, yang punya pikiran sepicik itu, bekerja sebagai peneliti di BRIN? Bukankah salah satu karakter peneliti itu harus mampu berpendapat secara ilmiah dan kritis? Fatsunnya, setiap pendapat peneliti harus didasari fakta yang telah teruji kebenarannya, tidak mengada-ada tanpa bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.

Cek Artikel:  Kasih untuk Rafah

BRIN jelas bukan lembaga abal-abal. Ia milik pemerintah. Peraturan Presiden Nomor 33 Mengertin 2021 secara efektif menetapkan BRIN sebagai satu-satunya badan penelitian nasional, meneruskan Komite Penemuan Nasional. Peraturan itu memutuskan bahwa semua lembaga penelitian milik pemerintah bergabung menjadi BRIN. Dalam benak saya, juga publik awam pada umumnya, orang-orang hebat nan pandai yang berkumpul di situ, bukan orang-orang yang berjubah peneliti tapi kelakuan, cara berpikir, dan tutur katanya bak preman jalanan.

Mestinya tidak masuk akal kalau badan sekaliber itu masih bisa ‘disusupi’ orang-orang yang berlagak peneliti tapi sejatinya berwatak preman. Jangan-jangan AP Hasanuddin bukan satu-satunya. Jangan-jangan banyak peneliti BRIN yang kadar moral dan intelektualitasnya seperti itu. Lantas, salahkah bila publik juga mulai meragukan kekaliberan BRIN sebagai lembaga? Entahlah, biar BRIN yang menjawabnya.

Mungkin Anda Menyukai