Profil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Wakil Menteri PPPA

Profil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Wakil Menteri PPPA
Wakil Menteri PPPA Veronica Tan(Antara)

Pengusaha Veronica Tan yang juga merupakan mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipercaya Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabinet Merah Putih.

“Veronica Tan, Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” kata Prabowo saat mengumumkan jajaran kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10) malam.

Jabatan Wakil Menteri PPPA merupakan jabatan baru di kementerian ini. Sebelumnya, tidak ada Menteri tidak dibantu oleh wakil Menteri di Kementerian PPPA.

Eksispun, Veronica Tan lahir pada 4 Desember 1977 di Medan, Sumatera Utara. Ia menikah dengan Ahok yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta pada 6 September 1997.

Cek Artikel:  Komisi X DPR Sebut Pemulangan 288 Artefak Bentuk Restorasi Identitas Bangsa

Pascabercerai pada awal 2018, Veronica mulai terjun ke dunia bisnis dengan mengelola usaha daging sapi impor bernama Alpha Agro Indonesia.

Veronica lekat dengan pembawaannya yang tenang. Tetapi di balik itu, ia memiliki visi kuat terhadap upaya peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di Indonesia.

Berikut sejumlah rekam jejak Veronica di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta

Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) DKI Jakarta, Veronica Tan memimpin berbagai program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutama yang menyasar perempuan.

Melalui PKK, ia mendorong pemberdayaan ekonomi bagi perempuan melalui pelatihan keterampilan serta promosi kesehatan ibu dan anak. Veronica juga terlibat dalam kampanye gizi dan kesehatan yang bertujuan untuk menurunkan angka stunting dan memastikan kesejahteraan anak-anak Jakarta.

Cek Artikel:  Elemen Penyebaran Tuberkolosis di Indonesia

Veronica juga dikenal karena perhatiannya terhadap anak-anak Jakarta. Salah satu dedikasinya yang menonjol adalah melalui Yayasan Waroeng Imaji, sebuah inisiatif yang dia dirikan untuk mendukung anak-anak yang tinggal di rumah susun di Jakarta.

Pada tahun 2017, dia mengajak 200 anak dari rusun untuk tampil dalam operet berjudul Saya Anak Rusun-Selendang Arimbi, sebagai bagian dari upayanya mendorong impian anak-anak tersebut dalam seni teater, musik, dan pertunjukan.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta

Veronica berperan besar dalam menyebarkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker, terutama kanker serviks dan payudara yang kerap mengancam kesehatan perempuan.

Cek Artikel:  Medcom.id Gelar Roadshow Beasiswa OSC 2024 di Kampus UPJ

Dalam yayasan ini, Veronica membantu mengoordinasikan kampanye Kesehatan dan penggalangan dana untuk membantu pasien kanker yang kurang mampu. Veronica Tan konsisten mendukung upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Perannya dalam berbagai organisasi sosial dan kemanusiaan telah membuktikan bahwa Veronica adalah sosok yang mengabdikan hidupnya untuk kebaikan masyarakat, terutama mereka yang rentan. (Ant/Z-11)

 

Mungkin Anda Menyukai