Krusialnya Kesadaran Masyarakat tentang Kualitas Terapis untuk Kesehatan Mental

Pentingnya Kesadaran Masyarakat tentang Kualitas Terapis untuk Kesehatan Mental
Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang psikoterapi, para ahli menekankan pentingnya memahami cara kerja terapis dan potensi risiko yang ada. (psychology today)

PARA ahli mengungkapkan informasi dan kesadaran di kalangan masyarakat tentang cara kerja terapis sangat dibutuhkan. Hal ini berguna untuk meminimalkan risiko memperburuk kesehatan mental mereka.

Glenys Parry, profesor di Universitas Sheffield dan psikoterapis, menyampaikan, bahwa psikoterapi dapat memberikan manfaat, tetapi di satu sisi dapat juga memperburuk kesehatan mental jika ditangani oleh orang yang salah

“Masyarakat perlu lebih memahami bahwa psikoterapi dapat memberikan manfaat tetapi juga dapat membahayakan, dan apa pun yang cukup ampuh untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, juga cukup ampuh untuk menimbulkan kerusakan jika berada di tangan yang salah dan dilakukan secara salah, atau sembrono,” ungkap Glenys Parry dikutip dari The Guardian.

Parry mengatakan hanya ada sedikit bukti penelitian yang baik untuk menetapkan tingkat bahaya yang disebabkan terapis yang kurang berkualifikasi. Dalam kebanyakan kasus, bukti menunjukkan terapi memberikan manfaat, dengan penelitian menunjukkan sekitar 5%-8% orang merasa lebih buruk setelah terapi.

Parry mengatakan terapis yang kurang tepat menangani klien itu disebabkan mereka kurang kompetensi. 

“Salah satu alasan terapi menjadi salah adalah terapis transgresif yang secara harfiah kasar atau eksploitatif, dan mereka adalah minoritas, tetapi mereka memang ada. Tetapi yang lebih umum adalah orang-orang yang tidak mampu memahami diri mereka sendiri, mereka tidak memahami batas kompetensi mereka, mereka berusaha sebaik mungkin untuk membantu tetapi mereka tidak dapat melihat bahwa mereka memperburuk keadaan,” ujarnya.

Cek Artikel:  Niat Mandi Wajib setelah Berhubungan, Lengkap dengan Tata Langkah dan Terdapatbnya

Bagian dari kemampuan untuk melakukan ini adalah memahami batas kompetensi mereka dan mengetahui cara mengarahkan layanan spesialis, misalnya psikiater atau pakar neurodiversitas, jika diperlukan. Ia mengatakan terapis NHS cenderung lebih diawasi dan karenanya merupakan pilihan yang lebih aman.

Parry menambahkan terdapat begitu banyak model psikoterapi yang berbeda, dari terapi perilaku kognitif (CBT) hingga terapi psikodinamik atau konseling.

Regulasi akan membantu memastikan semua terapis memiliki tingkat pelatihan dan pengalaman minimum yang disepakati, dan diharapkan untuk mengikuti perkembangan penelitian dan pembaruan profesional baru. 

Misalnya, penelitian dari University of Portsmouth menunjukkan meminta seseorang untuk berbicara tentang orang tua mereka dalam terapi dapat mendistorsi ingatan tentang emosi masa kecil. Terapis harus mengomunikasikan hal ini kepada klien.

Dan Poulter, seorang psikiater NHS dan mantan menteri kesehatan, mengatakan khawatir jika terdapat klien sudah berkonsultasi dengan konselor atau psikoterapis swasta.

“Ketika Anda bertemu dengan beberapa pasien yang memberi tahu Anda bahwa mereka telah berkonsultasi dengan konselor atau psikoterapis swasta, saya sering kali merasa khawatir dan khawatir apakah hal itu lebih banyak merugikan daripada menguntungkan pasien yang saya tangani. Terkadang, ada beberapa psikolog yang bertindak berlebihan secara profesional karena mereka tidak terlatih untuk mendiagnosis kondisi kesehatan mental seperti halnya seorang psikiater,” ungkapnya dikutip dari The Guardian.

Cek Artikel:  Ini Ragam-macam Hobi yang Cocok untuk Mengisi Waktu Senggang

Sebagian dari hal ini disebabkan “stigma diri” yang terkadang dikaitkan dengan gagasan untuk menemui psikiater. 

“Oleh karena itu, terkadang hal pertama yang mungkin mereka lakukan adalah terapi bicara daripada menemui dokter umum. Tak selalu menjadi kepentingan psikoterapis untuk menantang persepsi diri seseorang atau merujuk mereka ke orang lain yang mungkin lebih cocok untuk membantu mereka. Model yang berlaku saat ini tidak selalu mendorong praktik profesional yang bertanggung jawab dalam hal itu,” ungkap Poulter.

Poulter mengatakan, jika terdapat seseorang yang mengalami psikosis karena penyakit seperti gangguan bipolar atau skizofrenia yang perlu diberi resep obat, terapis tidak boleh menahan klien tersebut karena itu tidak akan membantu kesehatan mentalnya.

“Kalau Anda tidak memiliki keterampilan untuk mendiagnosisnya, atau Anda memiliki kepentingan finansial untuk mempertahankan pasien dalam daftar Anda, dan tidak ada jalan keluar untuk praktik yang buruk, ada masalah keselamatan pasien yang nyata. Itu tidak membantu kesehatan mental secara umum. Kami ingin pasien menerima bantuan yang tepat secepat mungkin,” ungkapnya.

Cek Artikel:  Kualitas Udara Paling Bukan baik di Jakarta Terdapat di Waktu Selepas Malam Hari hingga Menjelang Pagi Hari

Prof Dame Til Wykes, kepala kesehatan mental dan ilmu psikologi di King’s College, London, mengatakan banyak orang beralih ke aplikasi kesehatan mental daring, meskipun faktanya tidak banyak yang telah menjalani uji coba terkontrol acak atau bahkan studi observasional.

Tanpa pengawasan dari terapis terlatih, ia juga memperingatkan bahwa beberapa hal bagi sebagian orang dapat memperburuk kondisi seseorang.

Lisa Morrison Coulthard, direktur standar profesional di Asosiasi Konseling dan Psikoterapi Inggris, mengatakan salah satu kekhawatiran yang dimiliki para anggota adalah maraknya terapis yang berpengaruh, yang mereka lihat membagikan dukungan yang tidak membantu atau merusak secara daring.

“Pada platform yang menghubungkan terapis dan klien, tidak ada jaminan apa yang akan Anda dapatkan, khususnya pada platform yang beroperasi di negara berbeda,” ujarnya.

Krisis mental yang sedang marak terjadi saat ini, sangat penting bagi semua orang untuk mengetahui terapis yang memiliki kualifikasi.

“Mengingat krisis kesehatan mental, yang berkembang menjadi keadaan darurat kesehatan mental dalam bentuk meningkatnya angka orang muda, serta orang dewasa, yang mencari dukungan terapi, ada kebutuhan nyata untuk memastikan mereka memiliki akses ke berbagai pilihan terapi yang tepat yang diberikan oleh individu yang memiliki kualifikasi yang sesuai,” tambah Coulthard. (The Guardian/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai