Indonesia vs Australia: Takluk 0-4, Langkah Timnas Terhenti di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Liputanindo.id QATAR – Langkah Tim Nasional Indonesia di Piala Asia 2023 akhirnya terhenti di babak 16 besar. Menghadapi Australia di Stadion Jassim bin Ahmad, Minggu (28/1/2024), Asnawi Mangkualam dkk takluk dengan skor telak 0-4. Empat gol yang bersarang ke gawang Ernando Ari masing-masing dicetak lewat gol bunuh diri Elkan Baggot, tandukan Martin Boyle, sepakan keras Craig Goodwin, dan terakhir ditutup oleh gol sundulan Harry Souttar.

Hasil ini sekaligus membuat Indonesia harus angkat koper dari Qatar setelah sebelumnya sempat mencetak sejarah dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya di Piala Asia.

Indonesia menurunkan tiga pemain baru dalam susunan starting lineup melawan Australia. Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, dan Shayne Pattynama turun sebagai starter. Sementara Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, dan Rizky Ridho dicadangkan. Eksispun Australia tidak banyak melakukan perubahan ketimbang skuad saat fase grup.

Cek Artikel:  Singkirkan Wakil Denmark, FikriDaniel Lolos ke Semifinal Tiongkok Terbuka 2024

Tim Garuda relatif mendominasi laga pada awal pertandingan. Beberapa tekanan yang dilakukan Asnawi dkk menghasilkan beberapa peluang. Kesempatan pertama didapat Indonesia lima menit laga berjalan. Bola tap-in Rafael Struijk dari umpan silang Ivar Jenner melayang tipis di atas mistar Australia.

Tetapi justru Australia yang berhasil mencetak gol pertama. Gol tersebut tercipta dari peluang pertamanya di menit kesebelas. Jackson Irvine mencatatkan namanya di papan skor.

Irvine menembak dari sisi kiri. Bola membentur kaki Elkan Baggott sebelum masuk ke gawang Indonesia. Gol dihitung own goal Baggot dan Australia memimpin 1-0.

Sejak gol Irvine, Australia mulai tampil lebih dominan. Indonesia mendapatkan peluang di menit ke-22. Sayang bola sepakan jarak jauh Justin Hubner terlalu lemah dan dengan mudah bisa diamankan kiper Australia, Mathew Ryan.

Cek Artikel:  Joel Embiid Teken Perpanjangan Kontrak di Philadelphia 76ers

Indonesia mengancam lagi di menit ke-30. Bola sepakan first time Yakob Sayuri menyambut crossing Marselino Ferdinan meleset dari sasaran.

Keasyikan menyerang, gawang Ernando Ari bobol lagi. Australia menggandakan keunggulan di menit ke-44. Martin Boyle menyundul masuk bola crossing dari sisi kanan. Socceroos memimpin 2-0 memasuki masa turun minum.

Di babak kedua, Indonesia berusaha mengambil inisiatif menyerang untuk mengejar ketinggalan. Sepuluh menit laga di babak kedua berjalan, Indonesia masih kesulitan untuk menembus pertahanan rapat Australia. Seluruh tekanan yang diberikan Indonesia kandas sebelum masuk ke kotak penalti.

Laga ini diwarnai kericuhan antarpemain pada menit ke-64 usai Gethin Jones dengan sengaja melanggar Rafael Struick. Wasit kemudian memberikan kartu kuning ke pemain Australia itu.

Australia berhasil memperlebar keunggulan atas Indonesia di menit ke-88 lewat sepakan Craig Goodwin yang menyambar bola rebound. Skor kini berubah menjadi 3-0 untuk Australia.

Cek Artikel:  Aryna Sabalenka Ungkap Kunci Kesuksesan Dirinya

Gawang Ernando Ari lagi-lagi harus bobol pada injury time. Gol Harry Souttar semakin menambah derita Indonesia yang takluk 0-4 dan sekaligus tersingkir dari Piala Asia 2023.

Susunan Pemain:

Baca Juga:
Rasa Syukur Presiden Jokowi Usai Indonesia Kalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott,Shayne Pattynama;Yakob Sayuri,Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan;Rafael Struick.

Australia: Mathew Ryan; Kyle Rwles, Jordan Bos, Harry Souttar, Gethin Jones, Aziz Behich; Riley McGree, Keanu Baccus, Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli.

(DIM)

 

Baca Juga:
Preview Indonesia Vs Vietnam: Bermodalkan Hasil di Piala Asia, STY Optimis Menang Besar

 

Mungkin Anda Menyukai