Banyak Rumah Rusak, Gempa Sumedang Asal Mulakan Puluhan Anggota Luka-luka

Liputanindo.id JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,8 terjadi di Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12/2023), sekitar pukul 20.34 WIB. Akibatnya, banyak rumah di kawasan Kecamatan Sumedang Utara rusak berat.

Tak hanya itu, gempa yang terjadi juga mengakibatkan korban luka. Tak sedikit warga yang tertimpa bangunan ambruk akibat gempa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, titik gempa berada di barat laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 5 kilometer.

Deri informasi yang diperoleh pada pukul 22.28 WIB, puluhan korban gempa terpaksa harus mendapatkan perawatan di bagian depan RSUD Kabupaten Sumedang, Jalan Prabu Geusan Ulun.

Korban terpaksa mendapatkan perawatan pertama di tenda darurat yang didirikan gabungan BPBD dan pihak kepolisian. Sebagian besar mengalami luka di bagian kepala dan beberapa di antaranya mengalami patah tulang.

Cek Artikel:  Polisi Panggil Majikan Sopir Truk Penyebab Tabrakan Beruntun di Halim

Terlihat pasien yang digotong menggunakan ranjang rumah sakit beberapa kali harus dipindahkan ke tenda darurat lain akibat banyak korban berdatangan. 

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui jumlah pasti korban yang dilarikan ke RSUD Sumedang. Meski begitu, perawatan intensif langsung diberikan kepada korban terutama yang mengalami luka dibagian kepala.

Sebelumnya BMKG mengumukan besaran gempa Magnitudo 4,8. Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, Minggu (31/12/2023).

Daryono mengatakan hingga pukul 20.55 WIB, BMKG mencatat sudah tiga kali gempa guncang wilayah Sumedang. Gempa Sumedang pertama M 4,1 pukul 14.35 WIB, lalu gempa M 3,4 pukul 15.38 WIB, dan gempa yang ketiga pukul 20.34 WIB dengan kekuatan M 4,8.

Cek Artikel:  SYL Bantah Minta Dikirim Durian Seharga Rp46 Juta

“Hingga pukul 20:55 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 aktivitas gempa bumi yang dirasakan di wilayah ini,” kata Daryono.

Daryono menerangkan gempa M 4,8 di Sumedang terletak pada koordinat 6.85 LS dan 107.94 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2 km Timur Laut Sumedang. Kedalaman 5 km. (DID)

Mungkin Anda Menyukai