PM Spanyol Minta Uni Eropa Unggulkan Dagang Bebas dengan Israel

PM Spanyol Minta Uni Eropa Tangguhkan Dagang Bebas dengan Israel
Pedro Sanchez.(Al Jazeera)

PERDANA Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez meminta anggota Uni Eropa menangguhkan perjanjian perdagangan bebas blok tersebut dengan Israel atas tindakannya di Jalur Gaza, Palestina, dan Libanon.

Spanyol dan Irlandia berunding dengan negara-negara lain Uni Eropa selama berbulan-bulan untuk merevisi Perjanjian Asosiasi Uni Eropa-Israel. Argumen mereka, Israel mungkin melanggar klausul hak asasi manusia dalam perjanjian tersebut.

Langkah tersebut dilakukan setelah Menteri Luar Negeri Irlandia Michael Martin menuduh Israel berusaha mencegah dunia melihat yang dilakukan pasukannya di Libanon dan Gaza.

Ketika ditanya yang akan dilakukan Israel dengan meminta pasukan penjaga perdamaian UNIFIL untuk meninggalkan pangkalan mereka di perbatasan antara Israel dan Libanon setelah serangkaian serangan, Martin berkata, “Pada dasarnya untuk menutup semua mata dan telinga dari Libanon Selatan dan memberikan dirinya kebebasan.”

Cek Artikel:  Filipina dan Vietnam Sepakat Jalin Kerja Sama di Bidang Pertahanan

Laskar UNIFIL telah berulang kali diserang oleh Israel selama seminggu terakhir. “Dunia benar-benar tidak memiliki gambaran lengkap tentanga yang terjadi di Gaza.” (Z-2)

 

Mungkin Anda Menyukai