Netanyahu Pertimbangkan Rencana Ciptakan Kelaparan di Gaza

Netanyahu Pertimbangkan Rencana Ciptakan Kelaparan di Gaza
Anggota Gaza.(Al Jazeera)

PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu sedang mempertimbangkan rencana untuk menghentikan semua bantuan kemanusiaan dari Gaza utara. Ini, klaimnya, upaya untuk membuat Hamas kelaparan.

Militer Israel telah memerintahkan evakuasi wilayah utara beberapa kali, yang terakhir terjadi pada akhir pekan. Sekelompok pensiunan jenderal telah mengajukan rencana, yang sedang dipertimbangkan Netanyahu, untuk meningkatkan tekanan kepada Hamas untuk membebaskan sandera Israel yang ditahan selama lebih dari setahun.

Dalam rencana tersebut, Israel akan memberi warga Palestina waktu seminggu untuk meninggalkan Gaza utara sebelum mendeklarasikannya sebagai zona militer tertutup dan menghentikan pasokan makanan, air, obat-obatan, dan bahan bakar. Anggota Palestina yang memilih untuk tidak mematuhi perintah tersebut, Hamas atau warga sipil, akan dianggap sebagai kombatan.

Cek Artikel:  PBB Khawatir Israel Bagikan 120 Ribu Senjata ke Anggotanya

Baca juga : Blinken : Israel Siap Buka Koridor Kemanusiaan di Gaza, Palestina

Rencana tersebut juga menyerukan agar Israel mempertahankan kendali atas Gaza utara untuk jangka waktu yang tidak terbatas untuk membentuk pemerintahan baru. Tak jelas seberapa serius Netanyahu mempertimbangkan rencana ini. Ia mengatakan kepada anggota Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Knesset dalam sesi tertutup bulan lalu bahwa itu salah satu dari beberapa rencana yang sedang dipertimbangkan, menurut Times of Israel.

Rencana ini disampaikan kepada parlemen Israel bulan lalu. Kantor perdana menteri sejak itu meminta rincian lebih lanjut, menurut kepala arsiteknya, Giora Eiland, mantan kepala Dewan Keamanan Nasional Israel.

“Kita harus memberi tahu penduduk Gaza utara bahwa mereka punya waktu satu minggu untuk mengevakuasi wilayah tersebut yang kemudian menjadi zona militer yaitu setiap orang menjadi target dan, yang terpenting, tidak ada pasokan yang memasuki wilayah ini. Pengepungan bukan hanya taktik militer yang efektif. Itu juga sesuai dengan hukum internasional. Yang penting bagi Sinwar ialah tanah dan martabat. Dengan manuver ini, Anda merampas tanah dan martabat,” jelas Eiland bulan lalu.

Cek Artikel:  Usai Bombardir Israel, Hizbullah Merasa Lega

Baca juga : Iran Tembakkan 180 Rudal Balistik ke Israel, Biden dan Netanyahu Merespons

Para pejabat mengatakan mereka yakin sekitar 300.000 warga Palestina masih berada di Gaza utara meskipun ada perintah evakuasi sebelumnya.

Pemerintahan Biden telah berulang kali mengatakan tidak akan mendukung pengurangan ukuran Gaza. Pemerintah asing dan kelompok hak asasi manusia telah menegaskan kembali sentimen tersebut.

“Kami akan terus menegaskan bahwa bukan hanya Amerika Perkumpulan yang menentang pendudukan Gaza, pengurangan ukuran Gaza, tetapi juga pendapat bulat dari komunitas internasional,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller awal minggu ini. “Kami akan terus menegaskan hal itu kepada mereka.”

Hamas terus menahan sekitar 100 sandera yang mereka culik selama serangan 7 Oktober 2023 di Israel selatan. Mereka menculik sekitar 250 orang, meskipun kelompok itu membebaskan sedikit lebih dari setengahnya selama gencatan senjata selama seminggu November lalu. Hamas belum membebaskan satu pun sandera sejak saat itu. (Washington Examiner/Z-2)

Cek Artikel:  Ketegangan dengan Lebanon Meningkat, China Desak Anggota Negaranya Bilangant Kaki dari Israel

Mungkin Anda Menyukai