PLUT Punya Peran Krusial Tingkatkan Kinerja Produksi dan Daya Saing UMKM

PLUT Punya Peran Penting Tingkatkan Kinerja Produksi dan Daya Saing UMKM
Ilustrasi(Dok Kemenkop UKM)

KEMENTERIAN Koperasi dan UKM terus menggenjot program prioritas pengembangan kapasitas usaha mikro melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).  Program ini difokuskan pada reaktivasi pendampingan di 15 PLUT yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dengan tujuan mendorong  peningkatan kualitas SDM dan  mengakselerasi pertumbuhan ekosistem kewirausahaan.

PLUT, sebagai fasilitas yang disediakan KemenKopUKM bagi pemerintah daerah, berperan penting dalam meningkatkan kinerja produksi dan daya saing UMKM.  Program reaktivasi ini dirancang untuk mendeteksi local heroes dalam ekosistem PLUT,  meliputi wirausahawan, mentor, dan stakeholder.

Akseleraksi.id, perusahaan sosial yang fokus pada transformasi digital UMKM, turut ambil bagian dalam program ini. Mereka mengirimkan  fasilitator berpengalaman ke 6 lokasi, yaitu Padang (Sumatra Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Bangli (Bali), Bantaeng (Sulawesi Selatan), Bengkulu Utara (Bengkulu), dan Banjar Baru (Kalimantan Selatan).

Cek Artikel:  Kurs Rupiah Naik saat Pasar Antisipasi Notulen The Fed

Baca juga : UMKM Muda Masa Depan Perekonomian Bangsa

“Pengembangan kapasitas SDM  adalah kunci  untuk  mewujudkan  UMKM  yang  berdaya saing  dan  mandiri.  Melalui  pelatihan ini,  Akseleraksi.id  berkomitmen  meningkatkan kualitas  SDM  UMKM  yang  sejalan  dengan  SDGs 4  tentang  quality education,”  ujar Chief of Business Development  Akseleraksi.id. Raja Aksana Alrando dilansir dari keterangan resmi, Minggu (13/10).

“Kami  percaya,  dengan  memberikan  pendampingan  yang  tepat,  UMKM  dapat  bertransformasi  menjadi  lebih  tangguh  dan  adaptif  terhadap  perubahan,” sambungnya.

Selama 3 hari,  sebanyak 700 pelaku usaha mikro di 15 provinsi  dibekali  materi  tentang Penemuan dan Pengembangan Produk, Pemasaran Digital, dan Lelahkarya  menggunakan lembar kerja yang relevan dengan tantangan UMKM.

Cek Artikel:  Pascagempa Beruntun, PLN UIT JBM Intensifkan Pengawasan Listrik Jatim Tetap Andal

“Instrukturan ini  memberikan  wawasan  dan  alat  yang  diperlukan  bagi  UMKM  untuk  beradaptasi  dengan  perkembangan  digital,”  tambah fasilitator sekaligus CEO Akseleraksi.id Gilang Bagaskara.

Kolaborasi  antara  KemenKopUKM  dan Akseleraksi.id  dalam  program  ini menunjukkan komitmen dalam  mendukung  perkembangan UMKM  di  Indonesia dengan berfokus  dalam pendidikan  dan  transformasi  digital, merupakan  sinergi yang berdampak bagi KemenKopUKM  dan Akseleraksi.id dalam upaya mencapai  Tujuan  Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). (H-2)

 

Mungkin Anda Menyukai