Geng Bishnoi di Balik Pembunuhan Politikus India Baba Siddique

Geng Bishnoi di Balik Pembunuhan Politikus India Baba Siddique
Baba Siddique.(NDTV)

PEMIMPIN Partai Kongres Nasionalis (NCP/Nationalist Congress Party) dan mantan Menteri Maharashtra, Baba Siddique, ditembak dan tewas pada Sabtu (12/10). Lawrence Bishnoi mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan terhadap Baba Siddique tersebut.

Penyelidikan terhadap kasus pembunuhan Baba Siddique masih berlangsung dan rincian informasi terbaru pun muncul setiap hari. Times Now, kemarin, memperoleh berkas Lawrence Bishnoi yang memberikan laporan berharga tentang kasus tersebut. 

Politikus senior muslim itu ditembak mati dalam serangan yang dieksekusi oleh tiga penyerang dan mereka berhasil menembakkan enam peluru ke arahnya di Bandra East, Mumbai. Bishnoi yang saat ini ditahan di penjara Sabarmati, Gujarat, hanya dihukum dalam satu kasus, menurut berkas yang diakses oleh Times Now.

Baca juga : Ditembak Tewas, Baba Siddique Pendamai Shah Rukh Khan dan Salman Khan

Salah satu sumber mengungkapkan bahwa 33 kasus telah didaftarkan terhadapnya. Bahkan setelah menjalani hukuman sembilan tahun penjara di berbagai negara bagian, Bishnoi mampu mengatur tindakan krimimalnya dari dalam penjara, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang koneksinya di luar penjara.

Keterlibatan Bishnoi dalam pembunuhan Sidhu Mosewala menegaskan jangkauannya. Tersangka Jiyan yang saat ini juga berstatus buron diduga punya hubungan dengan tersangka kunci lain dalam kasus Mosewala yang ditemuinya di Lembaga Pemasyarakatan Patiala. 

Bishnoi, yang awalnya seorang pemimpin mahasiswa, membangun jaringan yang memungkinkan dia melakukan serangan apapun. Bahkan sering kali ia menggunakan kedok agama untuk membenarkan tindakannya.

Cek Artikel:  Jepang Keluarkan Hukuman ke Empat Pemukim Ilegal Israel di Tepi Barat

Baca juga : Politikus Muslim India Ditembak Tewas Jelang Pemilihan Lumrah Negara Bagian

Komedian Munawar Faruqui masuk dalam daftar sasaran geng Lawrence Bishnoi dan bahkan dikejar oleh pembunuh bayaran pada September lalu. “Komedian itu diselamatkan dengan bantuan masukan dari badan intelijen sebelum serangan itu dan dipindahkan ke Mumbai,” kata sumber itu.

Menurut sumber tersebut, pada September, Munawar Faruqui harus menghadiri acara di Delhi. Ia mengambil penerbangan dari Mumbai. 

Dalam penerbangan yang sama, dua anak buah Lawrence Bishnoi juga mengikuti Munawar. Mereka dilaporkan juga memesan kamar di hotel yang sama tempat Faruqui berencana menginap di Delhi.

Baca juga : Megabintang Bollywood Salman Khan Selamat dari Gigitan Ular Berbisa

Munawar Farooqui menjadi kontroversi setelah dia mengomentari dewa Hindu di salah satu acara stand up comic-nya. Munawar diantar ke Mumbai dalam pengawalan dan keamanan polisi. 

Menurut badan keamanan, dengan melakukan pembunuhan ini, Lawrence Bishnoi ingin menampilkan dirinya sebagai don (bangsawan) di dunia bawah Hindu.

Menurut sumber, ancaman terhadap Munawar masih terus berlanjut. Karenanya, Kepolisian Mumbai juga memberikan pengamanan kepadanya.

Baca juga : Salman Khan Kunjungi Shah Rukh Khan setelah Aryan Ditangkap

Pembunuhan kontrak

Laporan awal mengungkapkan bahwa ini tergolong kasus pembunuhan kontrak. Tiga tersangka telah ditangkap sejauh ini dan satu lagi masih buron.

Baba Siddique ialah seorang politikus terkemuka dari faksi Ajit Pawar dari Partai Kongres Nasionalis dan mantan anggota legislatif tiga kali dari Bandra West. 

Cek Artikel:  Pemulangan Jenazah WNI di Bangladesh Terkendala Administrasi, Kemlu RI Usahakan Pekan Depan Tamat Tanah Air

Dia ditembak mati di luar kantor putranya Zeeshan Siddique di Bandra East. Para penyerang, dengan wajah tertutup, keluar dari mobil dan melepaskan tembakan. 

Dua peluru mengenai dada Siddique. Meski sempat dilarikan ke Rumah Nyeri Lilavati, dia meninggal karena luka-lukanya tak lama setelah tiba mendapatkan perawatan.

Penembakan yang bertepatan dengan perayaan Dussehra itu dilakukan oleh tiga pria. Dua pria, yakni Gurmail Baljit Singh, 23, dari Haryana dan Dharamraj Kashyap, 19, dari Uttar Pradesh. Keduanya telah ditangkap. 

Terduga penembak lain, Shivkumar Gautam, masih buron. Tim penyelidik kini sedang menyelidiki terkait kontrak tersebut diberikan kepada geng Lawrence Bishnoi yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut. 

Geng Lawrence Bishnoi sekaligus mengirimkan pesan ancaman kepada megabintang Bollywood Salman Khan. Dugaan keterlibatan geng tersebut dengan pembunuhan Siddique terkait dengan kematian tokoh Anuj Thapan yang tewas karena bunuh diri dalam tahanan setelah ada tembakan di luar kediaman Salman Khan pada April 2024.

Satu postingan Facebook yang diduga ajudan Bishnoi, Shubu Lonkar, mengeklaim bahwa pembunuhan Siddique merupakan balas dendam dan memperingatkan Salman Khan akan lebih banyak kekerasan yang akan terjadi. “Salman Khan, kami tidak menginginkan perang ini tetapi Anda membuat saudara kami kehilangan nyawanya. Hari ini Baba Siddique ditutup. Dalih kematiannya ialah hubungannya dengan Dawood dan Anuj Thapan di Bollywood, politik, dan urusan properti,” tulis postingan itu dilansir dari Mashableindia.

Cek Artikel:  Hari Apresiasi Kucing Oranye Merayakan Kehangatan Si Manja Berbulu Jingga

Postingan tersebut juga mengirimkan peringatan yang lebih luas. “Kami tidak memiliki permusuhan pribadi dengan siapa pun. Tetapi, siapa pun yang membantu Salman Khan atau geng Dawood harus bersiap. Kalau ada yang membuat saudara kami terbunuh, kami akan merespons. Kami tidak pernah menyerang lebih dahulu.”

Kepolisian setempat belum mengautentikasi postingan Facebook ini. Tetapi mereka semakin mengintensifkan pencarian Shubham Lonkar. Kerabatnya, Pravin Lonkar, ditangkap karena menjadi rekan konspirator dalam pembunuhan Siddique.

Salman Khan, memiliki hunungan dekat dengan Siddique, termasuk di antara selebritas pertama yang mengunjungi keluarga tersebut di rumah sakit dan kemudian memberikan penghormatan di rumah Siddique. Serangan ini semakin memperdalam perseteruan lama antara Salman Khan dan geng Lawrence Bishnoi, yang kini tidak hanya mengancam nyawa Salman tetapi juga orang-orang terdekatnya.

Dendam geng Bishnoi terhadap Salman Khan dilaporkan terkait dengan keterlibatan aktor tersebut dalam kasus perburuan rusa hitam. Bishnoi memandang tindakan Salman sebagai penghinaan terhadap keyakinan agama dan komunitasnya. 

Selama bertahun-tahun, balas dendam ini semakin meningkat, dengan ancaman dan upaya terhadap nyawa Salman, termasuk serangan terhadap kediamannya pada April 2024. Tindakan terbaru geng tersebut menandai eskalasi berbahaya dalam konflik ini yang menempatkan Salman dan rekan-rekannya dalam potensi bahaya. (Z-2)

Mungkin Anda Menyukai