Pengabdian Tanpa Batas, Rima Melati Raih Lifetime Achievement Piala Gambaran FFI 2022

Liputanindo.id JAKARTA – Penghargaan Lifetime Achievement atas sumbangsih pada dunia perfilman jatuh kepada aktris legendaris Rima Melati. Penghargaan ini diserahkan pada Malam Anugerah Piala Gambaran Festival Gambar hidup Indonesia (FFI) di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Piala Lifetime Achievement ini diberikan oleh salah satu sahabat Rima yakni Widyawati kepada pihak keluarga, yang diwakili kedua anak Rima Melati, Ai dan Keke Tumbuan.

Baca Juga:
Reza Rahardian Lima Kali Raih Pemeran Pria Istimewa Terbaik FFI

Sebelum memberikan piala, Widyawati mengaku sangat terharu dan bahagia karena Rima akhirnya mendapat penghargaan khusus di FFI.

“Senang sekali saya karena Rima Melati dapat penghargaan ini yang seharusnya 10 tahun lalu dia dapatkan,” ujar Widyawati.

Cek Artikel:  Iran Pengusutan Kecelakaan Heli Presiden Ebrahim Raisi

Sementara itu, Keke Tumbuan mengucapkan rasa syukura dan mengapresiasikan atas pemberian Piala Gambaran untuk almarhumah ibundanya.

“Sebelumnya terima kasih untuk teman-teman yang sudah mendukung mama selama ini, di dunia entertainment tentunya,” anak Rima Melati kepada awak media di kawasan Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2022).

Menambahkan Keke, Ai menyebut bahwa sang ibu adalah seorang pejuang perfilman yang bekerja dengan sepenuh hati.

“Begitu besar sumbangsih almarhumah terhadap industri perfilman Indonesia. Dia adalah pejuang wanita bagi industri perfilman Indonesia. Terima kasih tak terhingga kepada FFI, dewan juri. Saya sungguh sangat terharu, ini merupakan cerita yang bisa diteruskan buat anak cucu kita,” ujar Ai.

Cek Artikel:  Kang Mak From Pee Mak Segera Tayang, Bilaman Mario Maurer dan Davika Hoorne Datang ke Jakarta?

Rima yang bernama asli Marjolien Tambajong mengawali kariernya sebagai aktris pada tahun 1961 lewat film ‘Kasih Tak Tiba’.
 

Pada tahun 1973, ia meraih Piala Gambaran sebagai Pemeran Istimewa Perempuan Terbaik dalam film ‘Intan Berduri’ bersama Benyamin Sueb, yang juga mendapat penghargaan sebagai Pemeran Istimewa Pria Terbaik pada film yang sama.

Sepanjang kariernya, aktris kelahiran 22 Agustus 1939 ini dikenal memiliki semangat yang besar untuk memajukan industri perfilman Indonesia. Dalam narasi yang dibacakan oleh Najwa Shihab, Rima berkarya hingga hembusan napas terakhir pada 23 Juni 2022.

“Festival Gambar hidup Indonesia dengan bangga mempersembahkan penghargaan Lifetime Achievement kepada Marjolien Tambajong atau Rima Melati atas dedikasinya selama ini dalam membesarkan industri perfilman Indonesia,” kata Najwa.

Cek Artikel:  Pegang Pods saat Umrah Uzuri Kecaman, Selebgram Lula Lahfah Ngaku Diteriaki Haram

Pada tahun 1989, Rima didiagnosis dengan kanker payudara stadium 3B. Alih-alin pensiun dan memutusukan berhenti bermain film, semangat Rima berkarya setelah operasi malah makin menggila.

Rima, seperti dilansir Antara, meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta akibat penyakit decubitus dalam usia 84 tahun pada 23 Juni 2023. (RIO)

 

Baca Juga:
Konsistensi Slamet Rahardjo, Bintangi Puluhan Gambar hidup hingga Bawa Pulang Piala Gambaran di Usia 73 Pahamn

 

Mungkin Anda Menyukai