Arsenal Kalahkan Liverpool, Persaingan Puncak Klasemen Perserikatan Inggris Kian Memanas

Liputanindo.id LONDON – Arsenal berhasil mengamankan tiga poin penting saat menjamu Liverpool di lanjutan pekan ke-23 Perserikatan Iuran pertanggunganer Inggris, Emirates Stadium, Minggu (4/2/2024) malam WIB. Tim asuhan Mikel Arteta itu mampu menumbangkan The Reds dengan skor 3-1.

Di laga tersebut, The Gunners melakukan dua perubahan dari kemenangan mereka melawan Nottingham Forest pada hari Selasa, dengan Jorginho dan Kai Havertz menggantikan Emile Smith Rowe dan Gabriel Jesus, yang absen karena cedera lutut yang dideritanya saat latihan.

Sedangkan untuk Liverpool, Trent Alexander-Arnold masuk sebagai starter pertamanya sejak 7 Januari sementara Ryan Gravenberch dan Cody Gakpo menjadi starter menggantikan Dominik Szoboszlai dan Darwin Nunez, dengan pemain pertama tersebut absen sepenuhnya karena cedera hamstring. Thiago Alcantara dimasukkan di antara pemain pengganti, kembali ke skuad pertandingan untuk pertama kalinya dalam 10 bulan.

Cek Artikel:  Momen Jokowi Video Call Vedderiq dan Rizki Kado Istimewa HUT Ke-79 RI

Pada awal pertandingan yang gemilang, kedua belah pihak memiliki peluang untuk membuka skor karena Saka gagal melakukan kontak yang cukup untuk menyundul bola dari jarak dekat, sementara tembakan Gakpo melebar dari tepi kotak penalti.

Sepuhn rumah memiliki beberapa peluang lagi untuk menambah gol kedua, dengan Alisson menyelamatkan tembakan jarak jauh Gabriel sebelum Ibrahima Konate melakukan blok terakhir untuk menggagalkan upaya Martinelli.

Melawan jalannya permainan, Liverpool menyamakan kedudukan di menit ketiga waktu tambahan babak pertama ketika keragu-raguan William Saliba membuat Luis Diaz memberikan umpan silang, dengan bola secara tidak sengaja mengenai Gabriel sebelum bergulir ke gawang.

Gol tersebut memberi kepercayaan diri kepada Liverpool dan mereka membuat Arsenal kembali terkejar di awal babak kedua, dengan tembakan Curtis Jones melebar.

Cek Artikel:  Hasil Aliansi 1: Bali United Kalahkan PSIS Semarang, PSM Makassar Akhiri Tren Kagak baik

Dengan persaingan yang seimbang, Arsenal kembali unggul pada menit ke-67 ketika terjadi kesalahan besar antara Alisson dan Virgil van Dijk yang memungkinkan Martinelli memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Pemain Brasil ini kini telah mencetak lima gol melawan Liverpool, gol terbanyak melawan satu tim untuk Arsenal.

Penderitaan Liverpool bertambah di sisa waktu dua menit ketika Konate mendapat kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Havertz.

Arsenal memastikan kemenangan pada menit kedua masa tambahan waktu melalui pemain pengganti Trossard, yang menerobos dari sisi kiri sebelum melepaskan tembakan melewati kaki Alisson dari sudut sempit.

Ini merupakan kekalahan kedua Liverpool di Iuran pertanggunganer League dalam 34 pertandingan terakhir mereka, dengan kedua kekalahan terjadi di London utara – yang pertama adalah kekalahan 2-1 di Tottenham Hotspur pada bulan September lalu.

Cek Artikel:  Kalah Atas MU dan Terancam Gagal Lolos ke Babak Championship, Doll: Persija Sudah Berusaha Maksimal

Hasil ini membawa Arsenal merangsek ke posisi kedua Perserikatan Iuran pertanggunganer Inggris dengan 49 poin, terpaut dua angka dari Liverpool yang berada di puncak klasemen.

Posisi Liverpool juga terbilang rawan, mengingat Man City membuntutinya di posisi ketiga dengan 46 poin, namun memiliki dua laga yang lebih sedikit dari tim asuhan Jurgen Klopp itu.

Susunan pemain:

Arsenal: David Raya, Gabriel, William Saliba, Oleksandr Zinchenko (Jakub Kiwior 46′), Ben White, Jorginho, Declan Rice, Martin Odegaard, Kai Havertz, Gabriel Martinelli (Leandro Trossard 74′), Bukayo Saka (Reiss Nelson 79′)

Liverpool: Alisson, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold (Andy Robertson 58′), Alexis Mac Allister, Curtis Jones, Ryan Gravenberch (Harvey Elliott 58′), Cody Gakpo (Darwin Nunez 58′), Luis Diaz, Diogo Jota

(RMA)

Mungkin Anda Menyukai