Mau Traveling ke Korea Ini Tips Mengelola Keuangan untuk Mewujudkan Liburan Impian Anda

Ingin Traveling ke Korea? Ini Tips Mengelola Keuangan untuk Mewujudkan Liburan Impian Anda
Sejumlah turis mengenakan pakaian tradisional Korea Hanbok saat berkunjung ke Istana Gyeongbokgung di Seoul, Korea Selatan.(AFP/Anthony WALLACE)

ANDA ingin menjelajahi Seoul, Busan, Incheon atau Jeju di Korea? Dengan kekayaan budaya, tempat bersejarah, serta pusat K-pop dan K-drama yang fenomenal, kota-kota tersebut adalah destinasi impian banyak orang. Tetapi, untuk mewujudkan perjalanan tersebut, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik—terutama dalam mengelola keuangan. 

Berikut ini adalah beberapa tips cerdas untuk mengelola keuangan agar kamu bisa menabung dana liburan ke Korea:

1. Tentukan tujuan dan target keuangan

Buatlah daftar kota dan aktivitas yang ingin kamu kunjungi dan lakukan di Korea dan hitung total biaya yang diperlukan untuk liburan, termasuk tiket pesawat, akomodasi, dan tiket konser artis favoritmu. 

Baca juga : 10 Tips Menabung di Celengan Anti Gagal

Jangan lupa riset tentang destinasi wisata gratis, makanan lokal yang ramah kantong, dan rute transportasi umum. Dengan langkah ini, kamu bisa lebih terarah dalam menabung.

Cek Artikel:  Mercure Serpong Alam Sutera, Solusi Ideal untuk Kebutuhan Meeting dan Acara Bisnis

2. Buat rencana anggaran dan evaluasi pengeluaran

Setelah mengetahui total dana yang harus disiapkan, buatlah rencana anggaran bulanan. Tentukan porsi dari penghasilan yang akan disisihkan untuk tabungan perjalananmu. 

Baca juga : 5 Tips Berkendara Kondusif dan Nyaman saat Liburan

Pengkajian juga pengeluaran harianmu; kurangi biaya yang kurang penting, seperti makan di luar atau langganan layanan yang jarang digunakan, dan alokasikan dananya ke tabungan liburanmu.

3. Menabung di bank yang aman dan terpercaya

Dengan menabung, kamu tidak hanya menghindari risiko utang yang bisa menumpuk, tetapi juga mengembangkan kebiasaan finansial yang lebih sehat. 

Baca juga : Tips Perayaan Idul Adha di Jakarta, Dapat Liburan sambil Sedekah

Menabung memungkinkan kamu merencanakan pengeluaran dengan lebih matang, sehingga ketika waktunya tiba, seperti liburan impian ke Korea, kamu bisa menikmatinya tanpa beban cicilan. 

Pilihlah bank yang memiliki reputasi baik untuk melindungi dana yang kamu tabung. Bank yang kredibel tidak hanya memenuhi regulasi pemerintah, tetapi juga menerapkan sistem keamanan informasi yang ketat. Superbank, bank dengan layanan digital yang didukung oleh pemimpin industri seperti Grab, Emtek, Singtel dan KakaoBank, adalah pilihan yang tepat untuk perencanaan keuangan jangka panjang.

Cek Artikel:  Nikmati Pesona Luminor Hotel Banyuwangi dengan Promo Ruangan Lucky July

4. Pilih produk tabungan yang fleksibel dan menguntungkan

Baca juga : Tips Liburan Berbarengan Anak dari Dian Ayu: Krusialnya Memilih Tempat dan Persiapan Peralatan

Krusial untuk menentukan produk simpanan yang sesuai dengan kebutuhan dan menawarkan bunga yang kompetitif. Deposito Superbank misalnya, menawarkan bunga tinggi hingga 7,5% per tahun. 

Selain itu, deposito dari Superbank juga menyediakan banyak fleksibilitas, seperti kemudahan proses pendaftaran tanpa dokumen tambahan, saldo minimum yang relatif kecil (Rp500.000), pembukaan hingga 10 akun deposito, dan banyak pilihan tenor mulai dari 7 hari hingga 12 bulan. 

Kebetulan, hingga 22 November 2024, Superbank menggelar program “Bentukkan Mimpimu ke Korea” dan menawarkan kesempatan bagi nasabahnya untuk memenangkan voucher tiket pesawat pulang-pergi Jakarta-Seoul dan hadiah utama tiket eksklusif menghadiri Melon Music Awards (MMA) 2024, ajang penghargaan K-pop paling bergengsi di Korea Selatan. Program ini dapat diikuti oleh semua nasabah dengan membuka dan mempertahankan saldo minimal Rp500.000 di rekening Superbank Deposito mereka. Siapa tahu kamu yang beruntung!

Cek Artikel:  Sebelum Berganti Musim, Ini Tiga Lelahsi untuk Menyaksikan Kembang Sakura

5. Bijak menggunakan uang

Setelah berhasil mengumpulkan dana liburan, gunakan uang tersebut dengan bijak saat berada di Korea. Meskipun sudah melakukan riset, selalu ada kemungkinan pengeluaran tak terduga. Hitung dalam mata uang Rupiah saat berbelanja untuk memastikan apakah barang tersebut layak dibeli.

Dengan mengikuti tips tersebut, semoga Anda bisa segera mewujudkan perjalanan impian ke Korea! (Z-1)

Mungkin Anda Menyukai