Bakal Rilis Tengah Malam, Ini Kecanggihan Iphone 16

Bakal Rilis Tengah Malam, Ini Kecanggihan Iphone 16
Apple akan meluncurkan seri Iphone 16.(AFP/ Getty Images/ Spencer Platt)

DALAM hitungan beberapa jam ke depan, Apple akan merilis produk terbaru mereka dalam acara Apple It’s Glowtime. Lewat acara tersebut, Apple akan memperkenalkan Iphone 16 series, jam tangan pintar baru yang mungkin dikenalkan sebagai Apple Watch 10 series, hingga Airpods generasi terbaru.

 

Acara ini akan dilangsungkan di Steve Jobs Theater di Apple Park, Cupertino, Amerika Perkumpulan (AS) pada Senin (9/9) pukul 10.00 waktu setempat yang artinya bagi masyarakat Indonesia bisa menyaksikannya pada Selasa (10/9) pukul 00.00 WIB.

Baca juga : Rumor Apple Watch Seri 10, Bakal Punya Desain Lebih Tipis

 

Menjelang perilisannya, beredar bocoran tentang harga tersebut. Dikutip dari IndiaToday, Iphone 16 versi paling standar akan dibanderol dengan harga US$ 799 atau sekitar Rp12,3 juta.

 

Baca juga : Ini Metode Menonton Peluncuran iPhone 16 pada Selasa (10/9)

Sedangkan Iphone 16 Plus dijual mulai US$ 899 atau sekitar Rp13,8 juta. Demi seri Iphone 16 Pro dilaporkan akan dibanderol US$ 1.099 atau Rp16,5 juta. Kemudian, Iphone 16 Pro Max dijual mulai US$ 1.199 atau Rp18,5 jutaan.

Cek Artikel:  Gumpalan Magma Besar di Dasar Olympus Mons Mars Dapat Picu Letusan Besar

 

Selain harga, fitur dan spesifikasi iPhone 16 juga beredar. Dilansir dari MacRumors, sejumlah fitur dan peningkatan pada iPhone 16 terdiri dari:

Baca juga : Apple Bersiap Merilis iPhone 16, Berapa Harganya?

 

1. Layar Lebih Besar

Meskipun desain eksternal diperkirakan tidak akan mengalami perubahan besar secara keseluruhan, diprediksi ada sedikit peningkatan dalam ukuran layar dan rasio aspek baru untuk model iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Tombol Action Button baru akan disertakan pada keempat model iPhone 16, dan akan digunakan untuk mengambil foto dan video.

Baca juga : Komparasi Spesifikasi iPhone 15 Pro Max vs iPhone 16 Pro Max

 

2. Perubahan Desain

Model Iphone 16 standar diperkirakan akan memiliki tata letak kamera vertikal. Apple telah menggunakan tata letak diagonal untuk model iPhone yang lebih baru, tetapi perubahan ini memungkinkan perekaman video spasial menggunakan kamera Ultrawide dan Wide.

 

Model Iphone 15 Pro menyertakan Action Button, dan pada tahun 2024, Action Button diperkirakan akan diperluas ke model Iphone 16 standar. Action Button yang digunakan di seluruh jajaran Iphone 16 akan identik dengan Tombol Tindakan Iphone 15 Pro. Action Button dapat melakukan berbagai fungsi seperti mengaktifkan senter, menyalakan kamera, meluncurkan Pintasan, mengaktifkan atau menonaktifkan mode Pusat perhatian, menggunakan terjemahan, mengaktifkan/menonaktifkan Mode Senyap, dan banyak lagi.

Cek Artikel:  XTwitter Akan Luncurkan Fitur Pembayaran, Pengguna Pandai Transfer Doku

 

3. Apple Intelligence dan Siri yang telah ditingkatkan

Dengan iOS 18.1, Apple akan memperkenalkan Apple Intelligence, seperangkat alat AI yang didukung oleh model bahasa yang besar. Apple Intelligence hanya berfungsi dengan model Iphone 15 Pro saat ini, dan beberapa fitur AI generatif yang lebih mutakhir mungkin terbatas pada model Iphone 16 di masa mendatang.

 

Model Iphone 16 dikabarkan akan menampilkan mikrofon yang ditingkatkan untuk meningkatkan pengalaman Siri secara signifikan. Pusingkatan ini sejalan dengan integrasi yang diharapkan dari fungsi Apple Intelligence IOS 18 yang baru, yang menawarkan interaksi yang lebih baik antara Siri dan berbagai aplikasi.

 

3. Teknologi Kamera Baru

Cek Artikel:  Confluent Tunjuk Direktur Regional Baru untuk Indonesia

Penggemar fotografi dapat menantikan lensa Ultra Wide 48MP yang ditingkatkan pada model Iphone 16 Pro. Kamera ini menjanjikan kualitas gambar yang lebih baik, terutama dalam kondisi pencahayaan yang lebih rendah. Selain itu, Iphone 16 Pro dan Pro Max dikabarkan akan menyertakan lensa Telefoto 5x, fitur yang sebelumnya terbatas pada model iPhone 15 Pro Max yang lebih besar.

 

4. Hasil karya Baterai

Iphone 16 Pro diprediksi memiliki kapasitas baterai yang lebih tinggi dan masa pakai yang lebih lama. Seri Pro disebut akan dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya MagSafe berkabel dan nirkabel yang lebih cepat.

 

5. Pusingkatan Prosesor

Model Iphone 16 Pro dan Max akan ditenagai oleh prosesor A18 Pro yang menawarkan peningkatan kecepatan dan Neural Engine yang disempurnakan, serta dukungan untuk kemampuan AI generatif. Model standar diperkirakan akan menggunakan varian chip A18 yang baru, tetapi spesifikasi pastinya belum dikonfirmasi. (M-1)

Mungkin Anda Menyukai