Swasta Biayai Beasiswa 1.000 Sarjana Guna Sukseskan Program Ketahanan Pangan

Swasta Biayai Beasiswa 1.000 Sarjana Guna Sukseskan Program Ketahanan Pangan
Ilustrasi(freepik.com)

FOUNDER JHL Group Jerry Hermawan Lo berkomitmen berkontribusi untuk menyukseskan program ketahanan pangan nasional yang menjadi program unggulan pemerintah Prabowo Subianto mendatang. JHL Group fokus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan mencetak 1.000 sarjana pertanian dalam lima tahun ke depan. 

JHL Group akan membiayai 1.000 mahasiswa Indonesia untuk bisa berkuliah hingga menjadi sarjana pertanian. Yakni dengan menyisihkan Rp20 dari tiap butir kelapa yang diolah di pabrik kelapa miliknya.

Jerry memiliki sejumlah pabrik pengolahan kelapa yang dinamai Dewacoco.  Sudah ada 2 pabrik yang berdiri dan akan dilanjutkan dengan pembangunan pabrik lainnya. Pabrik pengolahan kelapa pertama Dewacoco terletak di Desa Goal, Kecamatan Absahu Timur, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Kemudian, pabrik yang kedua berada di Manado, Sulawesi Utara.

Cek Artikel:  Apakah Diabetes Pandai Sembuh Total Memahami Fakta dan Pengelolaan yang Akurat

Jerry yang juga pengusaha otomotif nasional ini menjelaskan, Dewacoco akan menyisihkan Rp20 per butir kelapa yang diolahnya ke Yayasan JHL Merah Putih Kasih (JHL Foundation). “Kita sisihkan Rp20 per kelapa. Kita buat konsepnya uang masuk ke yayasan, dalam waktu beberapa saat lagi akan kita mulai skema itu,” ungkapnya.

Jerry yakin, konsep ini mampu membiayai 1.000 calon sarjana pertanian yang ditargetkan akan tercapai dalam jangka waktu 5 tahun mendatang. Kesungguhan Jerry untuk mencetak 1.000 sarjana, telah diimplementasikan dalam beberapa kegiatan seperti mendirikan SMK Pertanian, membuat ladang perkebunan, dan memberi beasiswa kepada mahasiswa pertanian di Universitas Lampung (Unila), mahasiswa Sekolah Tinggi Pertanian Kewirausahaan (STPK) Banau Halmahera Barat dan mahasiswa S2 Institut Pertanian Bogor (IPB).

Cek Artikel:  Urutan Bacaan Dzikir Pagi, ini Maksud dan Manfaat Amalannya

Eksispun beasiswa yang diberikan Jerry untuk mahasiswa adalah uang semester dan biaya hidup bulanan. Buat mahasiswa Unila, Jerry memberikan Duit Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp1 juta dan biaya hidup sebesar Rp500 ribu per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa S2 IPB, Jerry memberikan beasiswa Rp9,5 juta untuk UKT per semester dan Rp1,5 juta untuk biaya hidup per bulan.

“Kami berkomitmen memberi beasiswa pada para mahasiswa sampai mereka lulus, atau maksimal 8 semester,” pungkas Jerry di Aula Fakultas Pertanian Unila. (S-1)

Mungkin Anda Menyukai