Bungkam Iran, Qatar Tantang Yordania di Final Piala Asia 2023

Liputanindo.id DOHA – Qatar selangkah lagi dapat mempertahankan gelar di Piala Asia AFC 2023 mereka setelah mengalahkan Iran dengan skor 3-2 pada laga Semifinal yang tersaji di Al Thumama Stadium, Rabu (7/8/2023) malam WIB.

Penyerang Qatar, Almoez Ali mencetak gol kemenangan yang membuat timnya memperbaiki catatan buruk melawan Iran. Di laga final nanti, tim berjulukan Maroon itu akan menghadapi Yordania yang di pertandingan sebelumnya menumbangkan Korea Selatan.

Terdapatpun jalannya laga, Iran justru tampil memukau dengan gol yang dicetak Sardar Azmoun di menit keempat. Dia mampu memanfaatkan ketidakmampuan tuan rumah menghadang situasi lemparan ke dalam, sembari melakukan upaya akrobatik dan menjebol gawang Qatar.

Tetapi tim asuhan Tintin Marquez itu mampu menyamakan kedudukan 13 menit berselang melalui upaya Akram Afif dari luar kotak penalti yang dibelokkan oleh Saeid Ezatohali, melewati Alireza Beiranvand dan berhasil masuk ke dalam gawang.

Cek Artikel:  DanielFikri Lolos ke Semifinal Jepang Terbuka

Iran terus mendominasi penguasaan bola dengan Qatar mengandalkan serangan balik, serta hampir membuahkan hasil bagi tuan rumah pada menit ke-32 ketika Afif memanfaatkan umpan balik yang longgar untuk melompat tanpa tertandingi tetapi melepaskan tembakan tepat ke arah Beiranvand yang bersyukur.

Tetapi, bintang Al Sadd FC itu mampu membawa Qatar berbalik unggul sebelum babak pertama berakhir, setelah menerima umpan dari Ahmed Fathy di sebelah kiri, Afif mengambil beberapa langkah sebelum melepaskan tendangan kuat untuk gol kelimanya. turnamen.

Iran dengan cepat mengambil kendali saat babak kedua dimulai dan hanya butuh enam menit untuk menyamakan kedudukan, tinjauan VAR menentukan tembakan Ezatohali sudah mengenai tangan Fathy. Jahanbakhsh dengan tenang mencetak gol dari titik penalti untuk gol keduanya di turnamen tersebut.

Cek Artikel:  Tak Fit, Medina Warda Aulia Takluk di Tangan Vo Thi Kim Phung

Respons Qatar hampir segera terjadi, namun aksi heroik Beiranvand yang melakukan penyelamatan cerdas di dekat tiang gawang untuk menggagalkan upaya Abdurisag dengan Shojae Khalilzadeh kemudian melakukan sapuan di garis gawang atas sundulan Pedro Miguel dari tendangan sudut berikutnya.

Setelah mengandalkan serangan balik untuk mendapatkan peluang mencetak gol, Qatar bangkit pada menit ke-82 ketika Abdulaziz Hatem memberikan bola kepada Ali yang tidak terkawal, yang memiliki cukup waktu untuk memilih tempatnya sebelum mencetak gol.

Tiga belas menit waktu tambahan memberi Iran harapan, tetapi laju Afif yang melonjak dapat ditahan oleh Khalilzadeh, dengan tinjauan VAR mengubah kartu kuning awal menjadi merah.

Bahkan kemudian, Iran dua kali nyaris menyamakan kedudukan, upaya Jahanbakhsh membentur sisi kiri kanan dan Barsham melakukan perebutan telapak tangannya di mulut gawang saat Qatar bertahan untuk meraih kemenangan.

Cek Artikel:  Enam Tim AOV Terbaik Indonesia Siap Berlaga di ASL 2024 Spring

Susunan Pemeran

Iran: Alireza Beiranvand; Ramin Rezaeian, Hossein Kanaanizadegan, v, Ehsan Hajsafi, Saeed Ezatolahi, Omid Ebrahimi, Alireza Jahanbakhsh, Saman Ghoddos, Mehdi Taremi, Sardar Azmoun

Qatar: Meshaal Barsham; Pedro Miguel, Lucas Mendes, Almahdi Ali Mukhtar, Mohammed Waad, Yousuf Abdurisag, Jassem Gaber Abdulsallam, Ahmed Fatehi, Homam Ahmed, Almoez Ali, Akram Afif

(RMA)

 

Mungkin Anda Menyukai