Ke Florida, Biden Standarkan Biaya US600 Juta untuk Listrik

Ke Florida, Biden Umumkan Dana US$600 Juta untuk Listrik
Dampak Badai Milton di Florida, AS.(Al Jazeera)

PRESIDEN Amerika Perkumpulan Joe Biden akan melakukan perjalanan pada Minggu (13/10) atau hari ini WIB ke daerah-daerah Florida yang dilanda badai berturut-turut. Menurut Gedung Putih, Biden bakal mengumumkan pendanaan federal untuk proyek-proyek guna memperkuat jaringan listrik.

Biden akan mengunjungi St. Petersburg, salah satu kota di Florida yang paling parah dilanda Badai Milton minggu lalu, dan mengumumkan US$612 juta untuk enam proyek Departemen Daya di tenggara. Dua proyek difokuskan di Florida dan menyediakan dana federal gabungan sebesar US$94 juta.

Gainesville Regional Utilities akan menggunakan pendanaan tersebut untuk membantu mengurangi dampak cuaca ekstrem yang semakin meningkat di Florida utara-tengah, “melalui pengerasan badai, serta pemulihan yang lebih cepat melalui penyebaran perangkat dan alat pemulihan otomatis yang akan memungkinkan pengiriman tim lapangan yang lebih efisien dan tepat selama pemadaman,” kata Gedung Putih dalam suatu pernyataan yang dilansir ABC News.

Baca juga : Badai Terjang Florida, 17 Tewas dan 2 Juta KK Alami Pemadaman Listrik

Cek Artikel:  PBB akan Vaksinasi 640 ribu Anak di Gaza

Pengembang teknologi utilitas swasta, Switched Source akan bekerja sama dengan Florida Power and Light untuk menerapkan Phase-EQ. Ini, “Mengoptimalkan aliran daya di sirkuit distribusi, akan membuka lebih dari 200 MW kapasitas sistem, dan meningkatkan keandalan pada sirkuit yang melayani masyarakat yang paling rentan terhadap pemadaman listrik yang berkepanjangan,” menurut Gedung Putih.

“Investasi ini merupakan bagian dari komitmen presiden untuk melakukan investasi jangka panjang yang melindungi, meningkatkan, dan memutakhirkan jaringan listrik negara kita, terutama dalam menghadapi peristiwa cuaca ekstrem,” kata Gedung Putih dalam suatu pernyataan.

Biden berbicara dengan banyak pejabat negara bagian dan lokal, termasuk Gubernur Florida Ron DeSantis, yang dinilai sangat kooperatif. Ketika ditanya akan bertemu dengan DeSantis pada Minggu, Biden mengatakan, “Ya selama gubernur tersebut punya waktu.”

Baca juga : 14 Anggota Florida Tewas akibat Badai Milton

Badai Milton menerjang daratan Florida sebagai badai Kategori 3 pada Rabu (9/10) malam. Jumlah korban tewas akibat badai itu bertambah menjadi setidaknya 17 orang pada Jumat (11/10). Sedangkan sekitar dua juta pelanggan listrik di negara bagian itu masih mengalami pemadaman.

Cek Artikel:  Bebas Bersyarat Usai Dituduh Terlibat Tindak Kriminal, Pengacara Pavel Durov: Tak Masuk Intelek!

Menurut pihak berwenang, di antara para korban jiwa itu ialah lima orang yang tewas akibat tornado yang menghantam St. Lucie County di pesisir timur. Di kabupaten pesisir itu, “Satu korban ditemukan di Spanish Lakes Country Club Village, komunitas pensiunan berusia 55 tahun ke atas,” kata Juru Bicara St.Lucie County Erick Gill.

“Saya tidak bisa memastikan bahwa semua korban jiwa berasal dari lingkungan Spanish Lakes yang paling terdampak,” kata Gill kepada NBC News. “Saya tidak tahu apakah semua (korban jiwa) dari sana, tetapi saya tahu ada lebih dari satu.”

Baca juga : Badai Milton Hajar Pesisir Teluk Florida Timbulkan Korban Jiwa

Dekat 48 jam setelah Badai Milton menerjang daratan Florida, sekitar dua juta pelanggan listrik masih mengalami pemadaman di negara bagian itu. Pada puncak badai, lebih dari tiga juta pelanggan listrik di seluruh Florida mengalami pemadaman, tetapi upaya pemulihan sedang dilakukan dan listrik perlahan mulai pulih.

Cek Artikel:  Ini Penyebab Gencatan Senjata di Gaza Sulit Terwujud

Distrik yang mengalami dampak paling parah terpusat di sepanjang pantai barat Florida, tempat Badai Milton pertama kali menerjang daratan. Kabupaten Pinellas, Hillsborough, Manatee, dan Sarasota mengalami kerusakan signifikan. 

Florida Power Light melaporkan sekitar 65.000 pelanggan masih belum mendapat aliran listrik pada Jumat, meskipun perusahaan tersebut telah berhasil memulihkan layanan listriknya untuk sekitar 1,3 juta pelanggan.

Hingga hampir sepekan setelah badai melanda, pemulihan penuh aliran listrik masih menjadi tantangan. Tingkat pemulihan listrik di beberapa kabupaten mungkin tidak mencapai 95%. Hingga Kamis, kabupaten yang diperkirakan mencapai tingkat persentase pemulihan tersebut antara lain Brevard, Charlotte, DeSoto, Flagler, Indian River, Manatee, Sarasota, Seminole, dan Volusia. (Ant/Z-2)  

Mungkin Anda Menyukai