Bagaimana Pandai Iklan di Ponsel Muncul setelah Pembicaraan Mungkin Ini Penyebabnya

Bagaimana Bisa Iklan di Ponsel Muncul setelah Pembicaraan? Mungkin Ini Penyebabnya
Ilustrasi AI(Dok.Freepik)

 

IKLAN yang muncul saat berselancar di internet atau media sosial telah menjadi pemandangan yang biasa. Tetapi, yang menarik ialah ketika menemukan iklan, misalnya tentang produk yang baru saja dibicarakan. Hal ini menimbulkan spekulasi apakah ponsel merekam pembicaraan penggunanya.

Baca juga : Scarlett Johansson Bawa Kasus Manipulasi AI ke Ranah Hukum

Spekulasi tersebut tampaknya sedikit terjawab dengan adanya teknologi ‘active listening’. Menurut laporan dari 404 Media, ‘active listening’ adalah sebuah perangkat lunak yang menggunakan model kecerdasan buatan (artifial intelligence) untuk menangkap data secara real-time dengan mendengarkan percakapan pengguna ponsel. Bocoran dokumen mengutip sebuah pitch deck dari Cox Media Group (CMG), yang merupakan salah satu mitra pemasaran Facebook.

Cek Artikel:  Pengamatan Teleskop Radio MeerKAT Ungkap Fenomena Dipol Radio Kosmik dan Tantangan Kosmologi

“Pengiklan dapat memasangkan data suara ini dengan data perilaku untuk menargetkan konsumen di pasar,” lanjut dokumen tersebut, dilansir dari Gizmochina, Senin (9/9).

Selain Facebook, Google dan Amazon disebut juga mengadopsi praktik yang sama dan merupakan klien dari layanan Active Listening CMG. Tetapi, Google dilaporkan telah menghapus CMG dari “Partners Program”.

Baca juga : Facebook Masuki Era Baru, Lakukan 4 Perubahan

Juru bicara Meta menyebut CMG adalah mitra umum, bukan mitra dalam program yang diiklankan. Mereka juga membantah telah menggunakan mikrofon ponsel pengguna untuk kebutuhan iklan.

“Meta tidak menggunakan mikrofon ponsel Anda untuk iklan dan kami telah mengumumkan hal ini kepada publik selama bertahun-tahun,” kata juru bicara tersebut. “Kami menghubungi CMG untuk meminta mereka mengklarifikasi bahwa program mereka tidak didasarkan pada data Meta.”

Cek Artikel:  Terobosan Baru Instagram, Meningkatkan Privasi dan Kontrol Orangtua Pada Sayan Remaja

Juru bicara Amazon juga mencatat bahwa mereka tidak pernah bekerja sama dengan CMG untuk iklan dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya di masa depan.

Baca juga : Fitur Prediksi Kinerja Gunakan AI Perkirakan Akibat Iklan

Ini bukan pertama kalinya 404 Media melaporkan layanan penargetan suara CMG yang mencurigakan. Pada bulan Desember tahun lalu, 404 Media tidak hanya membuat sebuah perusahaan pemasaran disorot karena membanggakan teknologi yang menyeramkan di podcastnya, tetapi juga berbicara tentang fungsi Active Listening.

“Kami tahu apa yang Anda pikirkan. Apakah ini legal bagi ponsel dan perangkat untuk mendengarkan Anda. Ketika pengunduhan atau pembaruan aplikasi baru meminta konsumen untuk menandatangani perjanjian penggunaan multi-halaman di suatu tempat di cetakan kecil, Active Listening sering kali disertakan.”

Cek Artikel:  Perbankan belum Punya Sistem Keamanan Siber Cakap

CMG mengungkapkan bahwa mereka dapat mengidentifikasi pengguna yang “siap membeli” dan membuat daftar iklan yang ditargetkan berdasarkan minat mereka. (M-4)

Mungkin Anda Menyukai