Ratusan Orang Rimba Bersemangat Meriahkan Hari Kemerdekaan

Ratusan Orang Rimba Bersemangat Meriahkan Hari Kemerdekaan
(MI/Solmi)

RATUSAN Orang Rimba yang populer dengan sebutan Etnis Anak Dalam (SAD) di Provinsi Jambi, antusias mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ke-79.

Rangkaian acara tersebut diselenggarakan selama dua hari pada 17-18 Agustus.

Seperti yang terlihat di jalan utama Kota Sarolangun, Minggu (18/8) siang, puluhan perwakilan pemuka dan pemuda Orang Rimba dari kelompok
Temenggung Mustafa penuh semangat mengikuti acara Pawai Kemerdekaan yang digelar Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Baca juga : Anak Rimba Pun Kibarkan Merah Putih di Pinggiran Hutan Jambi

Barisan Orang Rimba menarik perhatian ribuan warga yang menonton pawai di tepi jalan utama yang dilintasi. Pasalnya, penampilan barisan Orang Rimba terbilang unik karena mereka tetap mempertahankan adat mereka yang tidak mengenakan busana lengkap.

Cek Artikel:  KPU Tetapkan Tersangka PPPK Jadi Calon Bupati Batubara

Sebagian dari mereka tidak mengenakan baju serta memakai beragam kalung unik, seperti kalung Sebelit Sumpah. Mereka juga mengenakan penutup kepala sejenis lacak, serta berjalan mengikuti pawai dengan tertib.

Sebagian dari mereka membawa berbagai jenis peralatan yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari hasil kerajinan tangan untuk dipamerkan dalam pawai tersebut.

Baca juga : Konflik Orang Rimba-PT PKM Berakhir Damai

“Kehadiran saudara-saudara kita dari Orang Rimba, membuat suasana Pawai Kemerdekaan di Sarolangun kian meriah. Sebagai warga negara, mereka punya hak untuk ikut memeriahkan perayaan bersejarah ini,” kata Kapolres Sarolangun Ajun Komisaris Besar Budi Prasetya.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Sabtu (17/8), lebih dari 400 Orang Rimba yang bermukim di sekitar Taman Nasional Bukit Duabelas, mengikuti Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang dipusatkan di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.

Cek Artikel:  Pemprov Sulsel Maju Poles RSUD Haji Makassar Demi Layani Masyarakat

Mulai dari anak-anak, indok-indok (ibu-ibu), remaja, dan warga dewasa dengan khidmat mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, di Halaman Kantor Desa Bukit Suban, Sabtu pagi.

Mengenakan ikat kepala berupa pita warna merah putih. Ratusan Orang Rimba dengan gaya masing-masing mengangkat tangan untuk memberi hormat saat pengibaran Sang Saka Merah Putih. Termasuk dari barisan indok-indok sambil menggendong bayi, mereka ikut memberi hormat bendera.

“Alhamdulillah, warga kami yang ikut upacara bendera lebih ramai. Kami berharap, melalui perayaan hari kemerdekaan tahun ini, negara semakin hadir memberikan perhatian untuk kehidupan sanak-sanak (saudara) kami yang masih banyak kekurangan. Ajarkan kami banyak hal, ingatkan kami jika ada langkah kami yang salah,” ungkap Temenggung Tarib, pemuka Orang Rimba yang kini sudah tinggal menetap di Desa Bukit Suban. (SL/J-3)

Cek Artikel:  Libur Panjang Maulid Nabi, Polisi Berlakukan Rekayasa Lewat Lintas di Jalur Wisata Puncak Bogor

Mungkin Anda Menyukai