Aktris Iran Taraneh Alidoosti Ditangkap Usai Kritik Pemerintah di Instagram

Liputanindo.id JAKARTA – Aktris kenamaan Iran Taraneh Alidoosti, ditahan pihak kepolisian pada Sabtu (17/12/2022) karena mendukung gerakan demonstrasi besar-besaran di negaranya.

Alidoosti ditahan setelah pada 8 Desember lalu, ia mengunggah foto tanpa menggunakan jilbab atau kerudung berisi tulisan melalui akun Instagram pribadinya. Ia kesal karena dalam sebuah gelombang unjuk rasa, seorang aktivis seorang perempuan, Mahsa Amini yang tewas dalam tahanan polisi moral.

“Kalian diam berarti mendukung opresi dan pihak yang melakukan opresi,” demikian bunyi tulisan itu, seperti dikutip AFP.

 

Baca Juga:
Pengarah adegan Peraih Oscar Asghar Farhadi Asikkan Pembebasan Taraneh Alidoosti

 

“Seluruh organisasi internasional yang melihat pertumpahan darah ini dan tak mengambil tindakan merupakan penghinaan terhadap kemanusiaan,” lanjut Alidoosti.

Cek Artikel:  Audisi X Factor Indonesia 2023 Kota Medan Diserbu Peserta, Banyak Bakat Istimewa

Aksi Alidoosti ini lantas memancing pemerintah Iran. Kantor berita pemerintah Iran, Tasnim, mengumumkan bahwa Alidoosti ditahan karena ‘mempublikasikan konten salah dan keliru, dan memicu kericuhan’.

“Alidoosti, yang tanpa memberikan dokumen yang mendukung beberapa klaimnya, telah ditangkap beberapa jam yang lalu atas perintah otoritas kehakiman,” demikian diwartakan kantor berita IRNA, mengutip keterangan pengadilan Iran.

Penangkapan Alidoosti ini merupakan kasus terbaru deretan pesohor menyerukan dan memprotes keras aparat keamanan terhadap para pengunjuk rasa.

Beberapa dari mereka yang berprofesi seperti artis, jurnalis dan pengacara yang ditahan itu, sudah dibebaskan dengan uang jaminan.

Sementara itu, Alidoosti merupakan aktrtis mendapat banyak penghargaan dalam kariernya, terutama ketika film ‘The Salesman’ membawanya menang Oscar untuk film asing terbaik pada tahun 2016. (RIO)

Cek Artikel:  Fiersa Besari dan Nadin Amizah Kritik Acara Musik yang Larang Musisi Tampilkan Peringatan Darurat

Mungkin Anda Menyukai