Korban Mafia Tanah Hingga Pinjol Silakan Mengadu ke Badan Aspirasi DPR

Korban Mafia Tanah Hingga Pinjol Silakan Mengadu ke Badan Aspirasi DPR
Wakil Ketua DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal(MI/SUSANTO)

BADAN Aspirasi DPR RI bakal menjadi wadah bagi dewan dalam menampung aspirasi rakyat, termasuk korban mafia hingga pinjaman online (pinjol). DPR tengah menggodok pembentukan badan baru tersebut sebagai salah satu alat kelengkapan dewan (AKD).

Wakil Ketua DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mengungkapkan itu dalam keterangan tertulis, Kamis (10/10/2024).

Ketika aduan dari masyarakat masuk, Badan Aspirasi akan menyampaikan ke komisi-komisi DPR. Komisi menyesuaikan dengan bidang kerja yang terkait dengan isu yang disampaikan rakyat.

Baca juga : Ketua DPR Puan Maharani Desak OJK Perketat Aturan Pinjol

Selanjutnya, komisi akan membawa aspirasi masyarakat dalam rapat kerja dengan kementerian/lembaga terkait. Hal ini guna menemukan solusi bersama atas permasalahan yang disampaikan.

Cek Artikel:  KPK Jangan Membodohi Publik Soal Dugaan Gratifikasi Kaesang

“Kalau soal hukum akan dikasih ke Komisi III, kalau nanti soal pemerintahan ya kita masukkan ke Komisi II. Misalkan soal pekerja migran Indonesia yang di luar ada masalah, keluarganya mengadu berapa tahun nggak bisa ketemu, kita kasih ke Komisi IX yang menangani ketenagakerjaan, silakan tangani,” papar Cucun.

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, DPR selama ini sudah membuka ruang-ruang pengaduan. Mulai dari lewat surat, email, maupun saluran pengaduan lainnya.

Baca juga : Penyalahgunaan Identitas Pelamar Pinjol Marak, DPR RI Minta OJK Bergerak

Tetapi, itu semua dirasa belum cukup. DPR ingin agar penanganan pengaduan atau aspirasi rakyat bisa lebih optimal untuk ditangani. Oleh karena itu, Badan Aspirasi perlu dibentuk.

Cek Artikel:  Gagalkan Penyelundupan 29 Kilogram Sabu, Bea Cukai dan BNN Kondusifkan Enam Tersangka

“Kalau misalnya masuk surat lewat email atau kotak surat DPR, tapi apakah suratnya ini sampai ke orang alamat yang benar atau AKD yang benar yang menanganinya. Ini yang mau kami optimalkan, jadi terstruktur akan disampaikan sesuai dengan AKD terkait,” tandas Cucun. (X-10)

 

Mungkin Anda Menyukai