Rusia Ukraina Tarik Sebagian Laskar dari Toretsk

Rusia: Ukraina Tarik Sebagian Pasukan dari Toretsk
(Al Jazeera)

PASUKAN Ukraina mulai melakukan penarikan sebagian dari kota utama Toretsk saat pertempuran jalanan yang sengit berkecamuk di permukiman timur tersebut. Situasinya sangat mengerikan bagi pasukan Ukraina di Toretsk. Kantor berita negara Rusia Tass melaporkan kemarin terkait kondisi terkini mengutip sumber keamanan. 

“Ketika ini, kami melihat penarikan sebagian unit dari kota tersebut,” kata sumber itu. Newsweek menghubungi militer Ukraina dan Kementerian Pertahanan Rusia melalui email untuk memberikan tanggapan.

Kota Toretsk di Donetsk terletak pada utara Avdiivka, bekas benteng Ukraina yang direbut Rusia pada Februari, dan barat daya Bakhmut, yang jatuh ke tangan pasukan Moskow pada Mei 2023. Rusia perlahan tetapi pasti maju ke arah barat di Donetsk sepanjang tahun, salah satu dari dua wilayah yang membentuk Donbas dan secara konsisten menjadi fokus serangan destruktif oleh pasukan Moskow.

Baca juga : Macron Berharap pada Xi Jinping, Cari Solusi Serangan Rusia ke Ukraina

Pertempuran berlangsung sengit di sekitar Toretsk serta sebelah barat Avdiivka saat Moskow berupaya keras untuk mencapai pusat logistik dan transportasi strategis Ukraina di Pokrovsk. Kremlin secara bersamaan memusatkan sumber daya di sebelah barat Bakhmut dalam kampanye jangka panjang untuk merebut kota Chasiv Yar.

Pada Senin (6/10), juru bicara pasukan Ukraina yang beroperasi di wilayah timur Luhansk, Mayor Anastasiya Bobovnikova, mengatakan bahwa pertempuran terjadi di hampir setiap pintu masuk ke kota tersebut. Kepala administrasi militer Ukraina untuk Toretsk, Vasily Chynchyk, mengatakan pada Jumat bahwa Rusia merebut antara 50% dan 60% wilayah kota tersebut.

Cek Artikel:  Janji ke Pemilih Yahudi, Harris Niscayakan Larang Iran Punyai Senjata Nuklir

“Musuh berusaha dan melakukan segala upaya untuk merebut kota tersebut sepenuhnya dalam waktu sesingkat mungkin, tetapi Bilangantan Bersenjata Ukraina memberikan perlawanan yang pantas dan mempertahankan posisi mereka sebisa mungkin,” kata Chynchyk.

Baca juga : Kim Jong-un Pamerkan Drone dan Rudal ke Rusia dan Tiongkok

Bobovnikova tampaknya membantah hal itu. Ia mengatakan pada Jumat (11/10) bahwa Rusia hanya menguasai wilayah timur Toretsk.

Lembaga pemikir Institute for the Study of War yang berbasis di AS mengatakan pada Sabtu (12/10) bahwa pasukan Rusia menguasai sedikitnya 38% wilayah kota tersebut. Ia menambahkan bahwa Moskow dan Kyiv saat ini terlibat dalam pertempuran kota yang sengit di Toretsk.

Militer Ukraina mengatakan pada kemarin pagi bahwa Rusia melakukan 15 serangan di sekitar Toretsk dalam 24 jam sebelumnya. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Sabtu bahwa mereka menyerang pasukan Ukraina di beberapa titik garis depan di Donetsk pada hari sebelumnya, termasuk di barat daya Toretsk dan tepat sebelah barat kota tersebut.

Cek Artikel:  Hasil Pemilu Venezuela Diduga Dimanipulasi, Amerika Perkumpulan Siap Beri Hukuman Serius

Baca juga : Konflik Rusia-Ukraina, Tiongkok Ungkap Kendala Figurkan Negosiasi Perdamaian

Rusia berupaya untuk menghancurkan kota itu dengan artileri menggunakan taktik serupa yang digunakan Kremlin terhadap permukiman Donetsk lainnya selama perang. “Setelah itu mereka menyerbu dalam kelompok-kelompok kecil,” kata Bobovnikova.

Salah satu pemasok senjata ke Ukraina ialah Jerman. Sekadar informasi, penjualan senjata dan peralatan militer Jerman meningkat menjadi 11 miliar euro (sekitar Rp186,9 triliun) dalam periode Januari hingga September 2024. Berlin menyetujui penjualan senjata dan peralatan senilai 7,1 miliar euro (sekitar Rp120,7 triliun) ke Kiev. 

Pada periode yang sama di 2023, nilai tersebut tercatat sekitar 3,3 miliar euro (sekitar Rp56 triliun). Izin ekspor pemerintah ke Ukraina mencakup tank Leopard II, sistem pertahanan udara Patriot, tank anti-pesawat Gepard, howitzer PzH, rudal Stinger, granat, helm, dan kendaraan.

Baca juga : Rusia dan Amerika Tiba Pada Fase Perang yang Memanas

Data itu dikritisi anggota parlemen Jerman Absahra Wagenknecht. Menurutnya, lebih banyak senjata tidak dapat menyelesaikan konflik antara Moskow dan Kyiv dan tidak akan membawa perdamaian ke Eropa.

Wagenknecht mengatakan kepada Funke Media Group, Jumat, bahwa kebijakan Berlin saat ini mengenai krisis Ukraina hanya akan mengobarkan api perang. PressTV melaporkan bahwa ia mengkritik pemerintah Kanselir Olaf Scholz atas sikapnya terhadap konflik Ukraina.

Cek Artikel:  Pasokan Obat makin Menipis di Jalur Gaza

“Kita perlu lebih banyak upaya diplomatik,” kata Wagenknecht. Ia pernah menjadi anggota parlemen fraksi Partai Kiri. Ia mendirikan partainya Aliansi Absahra Wagenknecht (BSW) tahun ini.

“Eksis rencana perdamaian yang bagus dari Brasil dan Tiongkok. Saya berharap Jerman dan Uni Eropa akan mendukung inisiatif semacam itu,” kata Wagenknecht. 

Pada Mei, kedua negara tersebut mengajukan proposal bersama berisi enam poin yang menyerukan deeskalasi, negosiasi, dan konferensi perdamaian internasional yang diakui oleh Rusia dan Ukraina. Kyiv segera menolak rencana mereka dan menyebutnya tidak dapat diterima.

Tetapi, Moskow menyambut baik usulan perdamaian dari Tiongkok dan Brasil. Rusia menyatakan apresiasinya bahwa mereka telah menerima dukungan internasional.

Menurut pandangan Wagenknecht, Jerman harus menekan Zelensky untuk memaksanya menyetujui kompromi tertentu. “Kagak akan ada perdamaian tanpa kompromi,” kata politikus tersebut.

Ia juga memperingatkan bahwa kebijakan Barat saat ini terhadap konflik Ukraina sangat berbahaya. Soalnya, kebijakan tersebut membuat NATO semakin terlibat dalam perang ini.

Apabila blok yang dipimpin AS menjadi pihak dalam konflik yang akan menyebabkan konfrontasi dengan Moskow. Ia khawatir konflik ini akan dengan cepat meningkat menjadi perang nuklir. (Ant/Z-2)

Mungkin Anda Menyukai