Indonesia Kirimkan Sokongan Kemanusiaan untuk Yaman, Palestina, dan Sudan

 Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Yaman, Palestina, dan Sudan
Menko PMK Muhadjir Effendy saat akan melepas bantuan kemanusiaan RI untuk Palestina, Yaman, dan Sudan.(Dok. Menko PMK)

INDONESIA kirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana di Republik Yaman, Palestina, dan Republik Sudan. Sokongan dikirimkan dari Base Ops SUMA 1 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, kemarin sore (14/10).

“Mengirim bantuan kepada saudara-saudara kita yang ada di Yaman, Sudan, dan Palestina untuk meringankan beban penderitaan mereka atas musibah yang telah dialami. Terdapatpun nilai bantuannya sekitar 1 juta dollar Amerika Perkumpulan (AS) untuk setiap negara. Dan untuk Palestina ini paket bantuan yang ke sekian kalinya,” kata Menko PMK, Muhadjir dalam keterangannya, Selasa (15/10).

Pemerintah mengirimkan total bantuan sebesar 3 juta dolar AS untuk negara-negara Timur Tengah yang saat ini mengalami bencana maupun krisis kemanusiaan. Masing-masing negara, yakni Republik Yaman, Republik Sudan, dan Negara Palestina akan dikirimkan bantuan sebesar 1 juta dollar AS.

Cek Artikel:  Burnout di Tempat Kerja Ini Solusinya Menurut Sang Spesialis

Baca juga : Indonesia akan Kirim Sokongan USD 1 Juta untuk Yaman, Sudan, Palestina, dan Vietnam

Sokongan kemanusiaan yang dikirimkan pemerintah terdiri atas ribuan unit tenda pengungsian, tenda keluarga, terpal, matras, selimut, lampu penerangan, pakaian anak, pakaian perempuan, makanan siap saji, sembako, jerigen, penjernih air, obat-obatan, dan peralatan medis.

Sokongan ini ditujukan untuk membantu masing-masing negara yang menghadapi tantangan karena banjir, wabah penyakit, dan konflik kemanusiaan. Ragam bantuan tersebut berasal dari Biaya Siap Guna Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), donasi yang dihimpun dari masyarakat yang dihimpun oleh BAZNAS kemudian dititipkan melalui BNPB.

Kepada pengiriman bantuan tersebut, yang akan dilakukan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia bertipe Airbus 330-300 dan Pesawat Muldova Air. Rencananya, pesawat tersebut akan terbang dari Landasan Udara Halim Perdanakusuma ke negara tujuan secara langsung pada malam hari.

Cek Artikel:  Kuis Seberapa NDP atau Narsistik Engkau Temukan Jawabannya

Baca juga : Indonesia Kembali Kirim Sokongan untuk Pengungsi Palestina di Mesir & Konflik Sudan

“Insha Allah kita akan terus memberikan bantuan untuk berikutnya mudah-mudahan semuanya akan bisa diterima dengan baik dan bisa membantu meringankan beban kepada yang bersangkutan,” ujar Muhadjir.

Dalam kegiatan pelepasan bantuan tersebut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Ketua Baznas RI Noor Achmad, serta dihadiri juga oleh duta besar negara Palestina, Yaman dan Sudan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa bantuan kemanusiaan yang dikirimkan pemerintah Indonesia merupakan wujud solidaritas kepada saudara-saudara yang mengalami bencana di 3 negara Timur Tengah tersebut.

Cek Artikel:  Romo Benny Dikenang miliki Kecintaan Besar pada Bangsa

Kepala BNPB Suharyanto menjelaskan bahwa Palestina, Sudan, dan Yaman adalah negara ke-12, 13, dan 14 yang menerima bantuan dari Indonesia dalam dua tahun terakhir. Suharyanto menerangkan bahwa dia akan memimpin langsung pengiriman bantuan ke Yaman, yang merupakan momen pertama kalinya Indonesia memberikan bantuan ke negara tersebut. Sokongan ini akan diantarkan langsung dari Indonesia dan diserahkan di Kota Aden, Yaman Selatan.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, Noor Achmad menjelaskan, bahwa Baznas turut berkomitmen untuk membantu saudara-saudara yang menjadi korban konflik dan bencana alam di Sudan, Palestina, dan Yaman. Sokongan yang diberikan Baznas berupa bantuan paket obat-obatan untuk warga yang membutuhkan. (Z-9)

Mungkin Anda Menyukai