Demi Perundingan Mesir, Serangan Udara Israel Tewaskan 36 Penduduk Gaza

Saat Perundingan Mesir, Serangan Udara Israel Tewaskan 36 Warga Gaza
Koridor Philadelphi.(Dok Al-Jazeera)

SEJUMLAH serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 36 warga Palestina di Gaza selatan. Serangan itu terjadi ketika para pejabat termasuk delegasi Hamas berkumpul untuk perundingan gencatan senjata di Mesir.

Di antara korban tewas ialah 11 anggota keluarga, termasuk dua anak, setelah serangan udara menghantam rumah mereka di Khan Younis.

Rumah Linu Nasser menerima 33 jenazah dari tiga serangan di dalam dan sekitar kota. Rumah Linu Martir Al-Aqsa mengatakan mereka menerima tiga jenazah dari serangan lain.

Baca juga : Ini Syarat Gencatan Senjata Hamas dan Jihad Islam dengan Israel

Militer Israel mengatakan pihaknya sedang menyelidiki laporan tersebut.

Petugas pertolongan pertama juga menemukan 16 jenazah dari wilayah Kota Hamad di Khan Younis setelah penarikan sebagian pasukan Israel, 10 jenazah dari blok perumahan di sebelah barat Khan Younis, dan 2 lagi di selatan Rafah.

Penyebab kematian mereka belum jelas. Tetapi wilayah tersebut berulang kali dibom oleh militer Israel selama seminggu terakhir.

Baca juga : Gencatan Senjata masih Buntu ketika Blinken Tinggalkan Timur Tengah

Beberapa warga kembali ke Kota Hamad, membersihkan puing-puing saat mereka berjalan di antara gedung apartemen yang hancur. Seluruh dinding salah satu gedung bertingkat telah hilang. Ruangan-ruangan di dalamnya membingkai penghuni yang sedang memilah-milah puing-puing.

Cek Artikel:  Lindungi Pekerja Migran, Indonesia Ajak ASEAN Berantas TPPO

“Bukan ada apa-apa, tidak ada apartemen, tidak ada perabotan, tidak ada rumah, yang ada hanya kehancuran,” kata seorang wanita, Neveen Kheder.

“Kami sekarat secara perlahan. Anda tahu jika mereka memberikan peluru belas kasihan, itu akan lebih baik daripada apa yang terjadi pada kita,” sebutnya.

Baca juga : AS Setujui Paket Senjata Senilai Rp312 Triliun untuk Israel

Militer Israel pada Sabtu (24/8) mengumumkan kematian tiga perwira cadangan yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza pada hari sebelumnya. Para perwira tersebut, dua jenderal besar dan seorang letnan kolonel, tewas di Gaza tengah, kata militer tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam beberapa pekan terakhir, pasukan Israel terlibat dalam pertempuran sengit dengan militan Palestina di Gaza tengah, khususnya di wilayah Deir el-Balah.

Lebih dari 100 sandera yang disandera Hamas selama serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober telah dibebaskan selama gencatan senjata tahun lalu. Tetapi Hamas diyakini masih menahan sekitar 110 orang. Pihak berwenang Israel memperkirakan sekitar sepertiga dari mereka tewas.

Baca juga : Hamas Enggan Terlibat dalam Perundingan Gencatan Senjata Gaza

Cek Artikel:  Negara yang Tangkaskan dan Lanjutkan Ekspor Senjata ke Israel

Serangan balasan Israel telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan dalam perhitungannya.

Kementerian mengatakan pada Sabtu bahwa 69 orang tewas dan 212 orang terluka telah dibawa ke rumah sakit di seluruh wilayah tersebut selama 24 jam terakhir.

Para ahli bertemu pada Sabtu mengenai masalah teknis sebelum pembicaraan tingkat tinggi pada Minggu (25/8) di Kairo mengenai kemungkinan gencatan senjata yang dimediasi oleh AS, Mesir dan Qatar. Direktur CIA William Burns, menteri luar negeri Qatar, dan kepala mata-mata Mesir bertemu pada Sabtu malam di Kairo, menurut seorang pejabat Mesir yang mengetahui langsung pembicaraan tersebut.

“Delegasi Hamas tiba pada Sabtu di Kairo untuk bertemu dengan para pejabat Mesir dan Qatar,” kata pejabat senior Hamas Mahmoud Merdawy. Dia menekankan bahwa Hamas tidak akan mengambil bagian secara langsung dalam pembicaraan Minggu tetapi akan diberi pengarahan oleh Mesir dan Qatar.

Delegasi Israel yang tiba pada Kamis termasuk kepala dinas intelijen luar negeri Mossad dan dinas keamanan Shin Bet serta Mayjen Eliezer Toledano. Direktur CIA dan Brett McGurk, penasihat senior presiden Joe Biden di Timur Tengah, memimpin negosiasi pihak AS di tengah perbedaan besar antara Israel dan Hamas mengenai desakan Israel untuk mempertahankan pasukan di dua koridor strategis di Gaza.

Cek Artikel:  Ini Kata Putri Norwegia setelah Pagikahi Dukun Amerika

AS telah mendorong usulan yang bertujuan menutup kesenjangan antara Israel dan Hamas seiring meningkatnya kekhawatiran atas perang regional yang lebih luas setelah pembunuhan yang ditargetkan baru-baru ini terhadap para pemimpin kelompok militan Hamas dan Hizbullah. Kedua kelompok itu menyalahkan Israel.

“Kepala staf gabungan AS, Jenderal CQ Brown Jr, akan mengunjungi Mesir, Yordania, dan Israel selama beberapa hari ke depan untuk menekankan pentingnya mencegah eskalasi permusuhan lebih lanjut,” kata suatu pernyataan.

Biden menelepon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu untuk menekankan pentingnya mencapai kesepakatan dan membahas perkembangan dengan para pemimpin Qatar dan Mesir pada Jumat. 

Kebuntuan besar terjadi di koridor Philadelphi di sepanjang perbatasan Gaza dengan Mesir dan koridor timur-barat Netzarim di seluruh wilayah tersebut. Netanyahu bersikeras bahwa Israel mempertahankan kendali atas koridor tersebut untuk mencegah penyelundupan dan menangkap militan.

Merdawy mengatakan posisi Hamas tidak berubah sejak menerima rancangan sebelumnya yang mencakup penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza. (The Guardian/Z-2)

Mungkin Anda Menyukai