6 Manfaat Luar Kebiasaanl Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Luar Biasa Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Vitamin C bagi tubuh(Freepik)

VITAMIN C memiliki banyak manfaat kesehatan yang beragam. Misalnya, vitamin ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Vitamin C dapat ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran, seperti jeruk, stroberi, kiwi, paprika, brokoli, kangkung, dan bayam.

Vitamin C merupakan vitamin esensial, yang berarti tubuh Anda tidak dapat memproduksinya sendiri.

Baca juga : Ini Dia 10 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Ketahui! 

Meski demikian, vitamin ini memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh dan telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan.

Berikut beberapa manfaat utama dari vitamin C, termasuk yang telah terbukti secara ilmiah:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh. Antioksidan bekerja dengan melindungi sel-sel tubuh dari molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Baca juga : 10 Manfaat Mengonsumsi Tomat Taatp Hari

Ketika radikal bebas menumpuk, mereka dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berkontribusi pada banyak penyakit kronis.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah hingga 30%, yang pada gilirannya membantu tubuh melawan peradangan dan stres oksidatif.

Cek Artikel:  BMKG Imbau Sejumlah Daerah Waspada Kekeringan di Awal Oktober

2. Membantu Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Kurang Lebih sepertiga orang dewasa di dunia menderita tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah pada individu dengan atau tanpa hipertensi.

Baca juga : Jelai Biji-Bijian Super yang Kurang Dikenal, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa suplemen vitamin C membantu melemaskan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah.

Tetapi, meskipun vitamin C menjanjikan dalam membantu mengelola tekanan darah, suplemen ini sebaiknya tidak dijadikan satu-satunya solusi untuk pengobatan hipertensi.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia, dan banyak faktor seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi, serta kadar kolesterol HDL (baik) yang rendah berperan dalam peningkatan risiko penyakit jantung.

Baca juga : 15 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari, Dapat Jadi Kebiasaan Bagus untuk Engkau

Vitamin C dapat membantu mengurangi faktor-faktor risiko ini, sehingga menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung.

Cek Artikel:  Pertimbangkan Dampak Unggahan di Media Sosial

Sebuah penelitian besar menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 700 mg vitamin C setiap hari memiliki risiko penyakit jantung 25% lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen vitamin C.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah suplemen vitamin C benar-benar lebih efektif daripada makanan kaya vitamin C.

3. Mengurangi Kadar Asam Urat dalam Darah dan Membantu Mencegah Serangan Asam Urat

Gout adalah jenis artritis yang dapat menyebabkan nyeri parah. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang mengonsumsi vitamin C paling banyak memiliki kadar asam urat yang lebih rendah.

Selain itu, analisis menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C secara signifikan dapat mengurangi asam urat darah.

4. Membantu Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting untuk produksi sel darah merah. Suplemen vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, terutama bagi mereka yang menjalani diet vegetarian.

Bahkan, hanya dengan 100 mg vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi sebesar 67%, yang membantu mengurangi risiko anemia pada orang yang rentan terhadap kekurangan zat besi.

Cek Artikel:  Optimalkan Kompetensi Guru Konseling untuk Cegah Kekerasan di Lingkungan Sekolah

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu alasan utama orang mengonsumsi suplemen vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi, serta membantu sel-sel darah putih berfungsi lebih efektif.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat mempersingkat waktu penyembuhan luka.

6. Melindungi Daya Ingat dan Pemikiran Seiring Bertambahnya Usia

Penurunan kemampuan berpikir dan daya ingat, yang dikenal sebagai demensia, dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Kadar vitamin C yang rendah telah dikaitkan dengan gangguan kognitif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dapat memiliki efek perlindungan terhadap kemampuan berpikir dan daya ingat seiring bertambahnya usia.

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang harus diperoleh dari makanan atau suplemen.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkannya, suplemen vitamin C bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan asupan vitamin C, terutama jika Anda kesulitan mendapatkannya dari makanan. (Z-10)

Sumber:

  • healthline.com
  • verywellhealth.com

Mungkin Anda Menyukai