Cuaca Jakarta Berawan, BPBD Tetap Siagakan Petugas Antisipasi Banjir

Cuaca Jakarta Berawan, BPBD Tetap Siagakan Petugas Antisipasi Banjir
Ilustrasi .(Antara)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, cuaca di seluruh wilayah Jakarta pada Jumat (279) berawan hingga cerah berawan.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Jumat (27/9), cuaca pagi hari diwilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur diprakirakan berawan.

Sedangkan di Jakarta Selatan diprakirakan cerah berawan. Kemudian di Kepulauan Seribu diprakirakan berawan tebal.

Baca juga : BPBD DKI Siapkan Sarpras Penanggulangan Banjir

Pada siang hari, cuaca diseluruh wilayah Jakarta diprakirakan berawan, kecuali di Kepulauan Seribu diprakirakan berawan tebal.

Malam hari, cuaca di Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu diprakirakan berawan. Sedangkan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan diprakirakan cerah berawan.

Cek Artikel:  Pengacara Bareskrim Polri akan Periksa 7 Terpidana Kasus Vina Cirebon

Pagi hari, seluruh wilayah Jakarta diprakirakan cerah berawan. Suhu udara hari ini berkisar 23-32 Derajat Celsius dengan kelembapan udara antara 58-98 persen. Meski demikian, masyarakat tetap harus mewaspadai potensi perubahan cuaca.

Baca juga : Banjir Jakarta : Empat RT di Pejaten Terendam Lelah 2,6 Meter

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, Mohamad Yohan mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan jika hujan deras yang menyebabkan banjir.

Ia menegaskan, petugas BPBD sudah ada di setiap keluarahan di Jakarta untuk menginformasikan jika terjadi banjir.

“BPBD DKI Jakarta memiliki 267 petugas penanggulangan bencana/TRC yang bersinergi dengan lebih dari 4.226 personel pasukan biru milik Dinas SDA dan ribuan personel lainnya yang berasal dari Dinas Gulkarmat, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga dana sebagainya yang bertugas selama 24 jam,” ujar Yohan kepada Media Indonesia, Jumat (27/9).

Cek Artikel:  3.286 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Kondusifkan Demo di Gedung DPR dan Patung Kuda

Baca juga : Waspadai Musim Hujan, BPBD Minta Kaum Jakarta Sering Cek Perkiraan Cuaca

Pihaknya juga mengatakan, Jakarta diprediksi akan diguyur hujan sampai 7 hari kedepan. Ia mengimbau untuk warga selalu waspada terlebih masyarakat yang tinggal di bantaran kali.

“Dan kami pun sudah dapet peringatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa seminggu ini memang cuacanya cukup ekstrim ya, terutama hujan,” pungkasnya. (J-2)

 

Mungkin Anda Menyukai