Karhutla di Jawa Barat kembali Terjadi di 4 Kabupaten

Karhutla di Jawa Barat kembali Terjadi di 4 Kabupaten
Ilustrasi karhutla.(Dok. Benny Bastiandy)

KEBAKARAN hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Jawa Barat kembali terjadi sejak Sabtu (24/8) malam di tujuh lokasi. Api membakar lahan dan hutan di Kabupaten Bandung, Sumedang, Cirebon, dan Subang.

“Kebakaran lahan sangat mudah terjadi di musim kemarau ini. Kami imbau warga berhati-hati, tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan,” ungkap Juru Bicara BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat, Minggu, (25/8).

Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bandung terjadi di dua lokasi, yakni di Desa Sukanagara, Kecamatan Soreang dan Desa Jelegong, Kecamatan Kutawaringin. Api berhasil dipadamkan BPBD Kabupaten Bandung bekerja sama dengan aparat desa dan kecamatan.

Baca juga : Kemarau Berlanjut, Awal Musim Hujan di Jawa Barat Mundur

Cek Artikel:  Member Fraksi NasDem DPRD Jawa Barat Sambut Bagus Orientasi yang Digelar Kemendagri

Di Kabupaten Cirebon, api juga berkobar di dua lokasi, yakni di Desa Sarwadadi, Kecamatan Talun dan Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang. Api dengan cepat bisa dipadamkan, karena BPBD dan aparat lainnya sudah bersiaga.

Sementara di Subang, kebakaran terjadi di Desa Dangdeur, Kecamatan Subang. Di Kabupaten Sumedang, api berkobar di Desa Babakan Asem,Kecamatan Conggeang dan Desa Tomo, Kecamatan Tomo.

“BPBD terus melakukan sosialisasi Kepada masyarakat agar tidak membakar sampah di daerah rawan kebakaran dan membuang puntung rokok sembarangan,” jelas Hadi. (Z-9)

Mungkin Anda Menyukai