Kenali Kepribadianistik-Kepribadianistik Bilaman Ban Mobil Harus Diganti

Kenali Ciri-Ciri Kapan Ban Mobil Harus Diganti
(freepik)

 

BAN mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang harus dijaga kondisinya. Memastikan ban mobil yang dimiliki masih layak sangat penting untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan performa optimal kendaraan.

 

Baca juga : Tiga Hal Krusial yang Diperhatikan Sebelum Beli Pompa Ban Elektrik

Sering kali ban yang sudah tidak layak pakai menjadi penyebab kecelakaan serius di jalan raya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri ban mobil harus diganti. 

 

Ban yang sudah tidak layak pakai akan mengurangi performa kendaraan, dan bisa membahayakan keselamatan saat berkendara di jalan. Oleh karena itu, setiap pengendara wajib untuk mengetahui kapan ban mobil harus diganti.

Baca juga : Mudik Guna Mobil Pribadi? Simak Tips Memeriksa Kesehatan Ban

Cek Artikel:  Primerkan Keselamatan, Chery OMODA dan JAECOO Gunakan Struktur Inovatif

 

Dikutip dari rilis Roojak, ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan untuk mengetahui apakah ban mobil sudah waktunya diganti. 

Berikut ini adalah ciri-cirinya:

Baca juga : Penjualan Otomotif Tanah Air Alami Penurunan, Honda Ungkap Sejumlah Elemen

 

  1. Kedalaman alur ban menipis

 

Baca juga : Bridgestone Uji Coba Ban Dueler A/T002 di Jalanan Aspal dan Off-road

Salah satu tanda paling jelas saat ban mobil harus diganti adalah kedalaman alur ban yang mulai menipis. Ban dengan alur yang sudah tipis tidak lagi mampu mencengkeram jalan dengan baik, terutama saat jalanan basah. 

Idealnya, kedalaman alur ban harus minimal 1,6 mm. Apabila kurang dari itu, maka sudah waktunya untuk segera mengganti ban.

Cek Artikel:  Jangan Dipaksa, ini Bahaya Cakram Rem Panas saat Berkendara

 

  1. Terdapat retakan pada sisi ban

Retakan pada sisi ban bisa menjadi tanda bahwa ban sudah mulai rapuh, dan tidak lagi aman untuk digunakan. Retakan ini bisa disebabkan oleh usia ban yang sudah terlalu tua atau sering terkena paparan sinar matahari, dan panas berlebih.

 

Apabila melihat adanya retakan pada ban, sebaiknya segera ganti untuk menghindari risiko pecah ban di tengah perjalanan.

3. Ban sering kehilangan tekanan udara

 

Apabila ban sering kali kehilangan tekanan udara, ini bisa menjadi tanda bahwa ada kebocoran yang tidak terlihat atau kondisi ban sudah mulai aus. 

 

Ban yang kehilangan tekanan udara dengan cepat akan meningkatkan risiko kecelakaan, karena cengkeraman ban yang menurun drastis. Niscayakan rutin memeriksa ban, dan segera ganti jika masalah ini terus terjadi.

Cek Artikel:  Mazda Buka Diler Formal Pertama di Kalimantan Selatan

 

  1. Ban terasa bergetar

 

Apabila merasakan getaran yang tidak biasa saat berkendara, ini bisa menjadi tanda bahwa ban sudah tidak seimbang, atau ada bagian yang aus secara tidak merata. 

 

Getaran ini tidak hanya membuat perjalanan kurang nyaman, tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada suspensi dan komponen lainnya di mobil. Jangan ragu untuk mengganti ban jika masalah ini terjadi! 

Waktu Cocok untuk Mengganti Ban Mobil. (H-3)

 

Mungkin Anda Menyukai