Pedagang Senjata AS Untung Besar dari Serangan Israel di Gaza-Libanon

Pedagang Senjata AS Untung Besar dari Agresi Israel di Gaza-Libanon
Ilustrasi.(Al Jazeera)

PARA pedagang senjata Amerika Perkumpulan mengumpulkan keuntungan yang sangat besar dari perang Israel di Jalur Gaza dan Libanon yang terkepung. 

Dalam laporan yang dirilis pada Rabu (10/10), lembaga pemikir Amerika yang berfokus pada kebijakan luar negeri AS Quincy Institute for Responsible Statecraft mengungkapkan bahwa produsen senjata AS telah mengungguli indeks saham utama tahun ini didorong lonjakan penjualan senjata ke Israel untuk perang Jalur Gaza Palestina dan agresi yang baru-baru ini meningkat terhadap Libanon.

Menurut laporan tersebut, dana saham yang diinvestasikan dalam industri kedirgantaraan dan pertahanan AS, termasuk perusahaan-perusahaan seperti Boeing, Lockheed Martin, RTX, General Dynamics, Northrop Grumman, dan L3Harris, melihat keuntungan yang melebihi ekspektasi tahun ini. Ini mengungguli indeks S&P 500.

Cek Artikel:  Jerman Didesak Hentikan Persenjatai Israel

Baca juga : Sejumlah Tokoh India Desak Hentikan Ekspor Senjata ke Israel

“Pemberian dana pembayar pajak kepada Israel ditambah dengan permintaan Israel dan global yang meningkat untuk senjata dalam periode ketidakstabilan telah menjadi bahan bakar jet untuk harga saham,” tambah Responsible Statecraft.

Intervensi lembaga pemikir tersebut juga mengungkapkan bahwa Lockheed Martin, produsen pesawat F-35 yang digunakan Israel untuk terus membombardir Gaza, Libanon, Suriah, dan Yaman memperoleh total laba sebesar 54,86% dari 7 Oktober 2023 hingga tanggal yang sama pada 2024. Ini melampaui S&P 500 sekitar 18%.

RTX, produsen bom penghancur bunker seberat 2.000 pon yang menghancurkan sebagian besar Gaza menjadi puing-puing dan saat ini sedang dikerahkan di ibu kota Libanon, Beirut, melaporkan total laba sebesar 82,69% bagi investor selama setahun terakhir. Nomor labanya melampaui S&P 500 sekitar 46%.

Cek Artikel:  Gempa dan Tsunami Landa Jepang, Kemlu Niscayakan WNI Kondusif

Baca juga : Menkeu Israel Ingin Negara Yahudi Cakup Palestina hingga Saudi

Menurut publikasi keuangan AS, saham Lockheed Martin dan RTX membukukan rekor tertinggi pada Selasa (9/10). Sementara L3Harris dan Northrop Grumman membukukan harga saham tertinggi sejak 2022.

General Dynamics, yang dikenal memproduksi bunker buster dan bom BLU-109 yang digunakan Israel untuk menghancurkan beberapa gedung apartemen di Beirut selatan selama pembunuhan Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah, memperoleh total laba sebesar 37% bagi investor. Ini melampaui S&P 500 hanya lebih dari 3%.

Selain itu, dana iShares US Aerospace and Defense, yang dikelola oleh BlackRock dan melacak sektor kedirgantaraan dan pertahanan, mencapai rekor tertinggi baru minggu lalu. Ia meningkatkan keuntungan 12 bulannya menjadi 43% dan mengungguli S&P 500 sebesar 33%.

Cek Artikel:  Inggris Beri Ukraina 12,3 T

Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) melaporkan bahwa dari 2019 hingga 2023, Israel mewakili 2,1% dari total impor senjata global. Selama jangka waktu ini, AS memasok 69% dari impor senjata Israel, sementara Jerman menyediakan 30%.

Meskipun terus menjadi pemain dominan di pasar senjata global, dengan menguasai 42% penjualan, Washington juga meningkatkan pengeluaran militernya secara signifikan untuk mendukung Israel. Nomornya melampaui US$23 miliar dalam satu tahun. (Press TV/Z-2)

Mungkin Anda Menyukai