Pembagian Air saat Kemarau di Sukabumi Picu Konflik di Kalangan Petani

Pembagian Air saat Kemarau di Sukabumi Picu Konflik di Kalangan Petani
Ilustrasi pembagian air di tengah krisis air saat kemarau.(Dok. MI/Widjajadi)

PEMBAGIAN air di tengah krisis akibat dampak musim kemarau di Desa atau Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terkadang berujung konflik di kalangan petani. Mereka harus berebut air dari aliran sungai di daerah-daerah irigasi.

Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani, mengatakan krisis air untuk pasokan kebutuhan memang kadang jadi dilema. Karena, di sisi lain berpotensi memunculkan konflik di kalangan petani.

“Belum lama ini sempat terjadi benturan di kalangan masyarakat petani. Sempat ada kesalahpahaman dalam hal pengaturan air,” kata Dadan, Minggu, (25/8).

Baca juga : BPBD Kota Sukabumi Waspadai Potensi Krisis Air Bersih Ketika Kemarau

Di wilayah tersebut kemarau sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Daerah irigasi (DI) Cimuncang menjadi andalan bagi para petani di wilayah itu mengairi lahan pertanian.

Cek Artikel:  Baca Teks Proklamasi Tentang Jalan Rusak, Anggota Dipanggil Polisi

Dadan menuturkan luasan lahan sawah di wilayahnya sekitar 100 hektare. Sebagian besar masyarakat di wilayah itu bermata pencaharian sebagai petani.

“Nyaris 60% masyarakat kami bekerja sebagai petani. Ketika kondisi kemarau panjang seperti ini, para petani tidak memiliki pekerjaan karena lahan garapan mereka tak bisa berproduksi,” tuturnya.

Baca juga : Kekeringan, Ratusan Petani Kawasan Dieng Sedot Telaga Merdada

Menurut Dadan keberadaan DI Cimuncang terhadap kondisi lahan pertanian, terutama sawah. Sehingga, ketika debit air di DI Cimuncang menyusut, maka berdampak signifikan.

“Di wilayah kami tidak ada sumber air lain,” ungkap Dadan.

Dadan berharap pemerintah setempat bisa meningkatkan berbagai bantuan kepada para petani. Terutama bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana pertanian.

Cek Artikel:  Halmahera Barat, Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M 4.6

“Sarana dan prasarana ini tentu untuk keberlangsungan sektor pertanian di wilayah kami. Terutama untuk pembangunan saluran irigasi,” pungkasnya. (Z-9)

Mungkin Anda Menyukai