Ini Waktu Akurat Mengganti Ban Mobil

MENGGANTI ban mobil pada waktu yang tepat merupakan kunci untuk menjaga performa, dan keselamatan kendaraan. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil? 

Dikutip dari rilis Roojak, berikut ini merupakan beberapa petunjuk yang bisa menjadi acuan:

 

Baca juga : Ganggu Performa Kendaraan, Kenali Tanda-Tandanya Ban Mobil Harus Diganti

1. Ketika sudah berusia 3-5 tahun

Usia ban menjadi salah satu faktor yang menentukan kapan ban harus diganti. Meski ban masih terlihat baik, jika umurnya sudah mencapai 3-5 tahun, maka waktunya untuk segera diganti. 

 

Baca juga : Pengunjung GIIAS Diedukasi soal Pemilihan Ban

Meski jarang menggunakan mobil, karet ban akan mulai kehilangan elastisitasnya seiring waktu. Kepada memastikannya, maka bisa memeriksa tanggal pembuatan ban yang biasanya tertera di sisi ban.

Cek Artikel:  Manfaatkan Momen HUT Kemerdekaan RI, Produsen Motor Listrik Bagi-bagi Diskon

 

2. Setelah menempuh jarak 40.000 – 50.000 kilometer

Baca juga : Lebih dari 3 Ribu Kendaraan Ditilang karena Melawan Arus di Jakarta

Jarak tempuh juga menjadi indikator lain yang menunjukkan kapan waktu tepat mengganti ban mobil. Secara umum, ban mobil sebaiknya diganti setelah menempuh jarak sekitar 40.000 hingga 50.000 kilometer. 

Tetapi, hal ini juga tergantung pada jenis ban, dan kondisi jalan yang sering dilalui. Apabila sering berkendara di jalanan yang buruk, maka ban perlu diganti lebih cepat. 

 

Baca juga : 7 Tips Safety Riding, Memastikan Keselamatan saat Berkendara

3. Begitu sudah tidak nyaman digunakan

Perasaan pengemudi saat membawa kendaraannya juga bisa menjadi indikator kapan ban harus diganti. Apabila merasa mobil sudah tidak nyaman saat dikendarai, seperti sering terasa tergelincir atau tidak stabil di jalan, kemungkinan besar ban sudah tidak dalam kondisi optimal. 

Cek Artikel:  Innova Zenix Jokowi belum Dilengkapi Anti Peluru Sama Seperti Paus Fransiskus

Hal ini menjadi tanda bahwa ban harus segera diganti sebelum masalahnya semakin parah.Begitu terjadi kerusakan yang signifikan. Apabila ban rusak signifikan, seperti mengalami sobek atau benjol, sebaiknya segera diganti untuk memberi keselamatan jangka panjang.

Sebelum mengganti ban, jangan menunggu kondisinya sampai benar-benar rusak parah. Niscayakan rajin memeriksa kondisinya dengan melakukan pemeliharaan ban, mulai dari memeriksa tekanan udara secara teratur hingga melakukan rotasi ban. 

Menjaga kondisi ban mobil senantiasa berkualitas sangat penting untuk meningkatkan umur pakai, dan kinerja ban secara keseluruhan. Langkah ini penting dilakukan untuk memastikan mobil dalam kondisi prima, sehingga bisa membuat aman dan nyaman saat berkendara.

Keamanan dan kenyamanan juga dapat diperoleh jika melengkapi kendaraan dengan asuransi mobil. Dengan asuransi mobil, maka pengendara bisa mendapat ketenangan pikiran dan perlindungan finansial dari berbagai risiko tidak terduga.

Cek Artikel:  Nissan Luncurkan The All New Serena e-POWER di GIIAS Surabaya 2024, Revolusi MPV Elektrifikasi

Salah satu jenis asuransi mobil yang memberi manfaat terlengkap adalah asuransi All Risk. Asuransi ini bisa memberi pertanggungan biaya ganti rugi untuk semua jenis kerusakan, mulai dari yang ringan sampai berat.  (H-3)

 

Mungkin Anda Menyukai