Rutin Ganti Oli Pandai Hindarkan Kendaraan Anda dari Kerusakan Berat

Rutin Ganti Oli Bisa Hindarkan Kendaraan Anda dari Kerusakan Berat 
Ilustrasi(Freepik)

PERAWATAN penting dalam memelihara kendaraan adalah dengan rutin mengganti pelumas mesin sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh penggunanya agar risiko yang ditanggung mesin kendaraan tidak terlalu besar.

General Manager PT Nippon Oil Indonesia, produsen dan pemasar produk oli Eneos di tanah air, Imran Razy, mengatakan keterlambatan dalam mengganti oli dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan serius pada mesin kendaraan.

“Penggantian oli merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, mengingat pentingnya fungsi pelumasan di setiap mesin kendaraan. Hal itu terkait
dengan kinerja dan performa kendaraan itu sendiri,” kata Imran, dikutip Selasa (27/8).

Baca juga : Kebijakan Asuransi Kendaraan, Jokowi: Belum Terdapat Rapat

Menurut dia, fungsi oli di dalam kendaraan itu banyak sekali dan sangat penting seperti untuk pelumasan yang melindungi mesin dari gesekan, melapisi komponen mesin, pembersih sisa hasil pembakaran, peredam panas mesin, anti korosi pada komponen, serta peredam getaran pada komponen.

Cek Artikel:  Suzuki Marine Hadirkan Mesin Tempel Kapal Ramah Lingkungan di IIMS 2024

Dia juga menjelaskan bahwa untuk interval dianjurkan mulai dari setiap 5.000 – 10.000 km untuk kendaraan mobil dan 3.000 – 4.000 km untuk sepeda motor (tergantung penggunaan).

Dalam memilih pelumas mesin, para pemilik kendaraan juga tidak bisa asal menentukan jenis pelumasnya. Pasalnya, pemilihan secara asal akan memengaruhi kualitas dan juga berpengaruh pada performa mesin kendaraan itu sendiri.

Baca juga : Polisi di Labuan Bajo Aniaya Penduduk, Kunci Motor Korban Tenangbil

“Jadi, tidak bisa asal pilih! Kalau Anda asal pilih oli dan ternyata kualitasnya tidak bagus atau tidak sesuai dengan jenis kendaraan, akan
menyebabkan kerusakan pada mesin sehingga performa kendaraan akan menurun,” jelas dia.

Cek Artikel:  Mercedes-Benz Tarik 15.502 GLC di Amerika Perkumpulan. Kenapa

Dengan begitu, para pemilik kendaraan disarankan mengetahui jenis pelumas apa yang cocok untuk kendaraan kesayangan yang selalu digunakan dalam berkegiatan sehari-hari.

Mobil keluaran baru membutuhkan kekentalan yang lebih cair seperti 0W-20 atau 5W-30, sedangkan untuk kendaraan tahun lama, oli yang dibutuhkan harus lebih kental seperti 20W-50, 10W-40 atau lainnya. (Ant/Z-1)

Mungkin Anda Menyukai