KFA Formal Pecat Jurgen Klinsmann Sebagai Instruktur Timnas Korea Selatan

Liputanindo.id SEOUL – Jurgen Klinsmann resmi dipecat dari perannya sebagai Instruktur Timnas Korea Selatan. Keputusan tersebut diambil usai Taeguk Warriors gagal menjuarai Piala Asia AFC Qatar 2023.

“KFA (Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan) memutuskan untuk mengganti pelatih kepala nasional setelah melakukan tinjauan menyeluruh,” tulis Presiden KFA, Chong Mong-gyu.

Chong mengatakan, Klinsmann telah gagal menjalankan tugasnya dengan baik, mulai dari aspek manajerial, kepemimpinan, taktik hingga manajemen personalia.

“Sikap dan daya saing Klinsmann sebagai pelatih kepala tidak memenuhi harapan masyarakat dan disepakati bahwa hal ini tidak akan diperbaiki di masa mendatang, jadi kami memutuskan untuk mengubah kepemimpinan menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026,” ucap dia, sebagaimana ditulis The Athletic.

Diketahui, Korea Selatan tersingkir di Semifinal Piala Asia 2023 usai dikalahkan Yordania dengan skor 2-0. Terdapatpun Klinsmann ditunjuk sebagai manajer pada Februari 2023, menggantikan Paulo Bento, yang hengkang setelah Piala Dunia 2022.

Cek Artikel:  Momen Jokowi Video Call Vedderiq dan Rizki Kado Istimewa HUT Ke-79 RI

“Terima kasih banyak atas semua dukungan Anda membawa kami ke semifinal Piala Asia dan perjalanan luar biasa selama 12 bulan terakhir dengan tidak kalah 13 pertandingan berturut-turut,” tulis Klinsmann dalam postingan kepada penggemar Korea di sosialnya.

Korea Selatan dianggap sebagai salah satu favorit pra-turnamen menjelang Piala Asia tetapi lolos ke babak sistem gugur setelah memenangkan satu dari tiga pertandingan grup mereka. Mereka mencetak gol di penghujung babak 16 besar dan perempat final sebelum menderita kekalahan mengejutkan dari Jordan. (RMA)

 

Mungkin Anda Menyukai