Gerakan Cek Mitra Sebelah untuk Jaga Kesehatan Mental

Gerakan Cek Teman Sebelah untuk Jaga Kesehatan Mental
Ilustrasi(freepik.com)

HEALTH Collaborative Center (HCC) meluncurkan kampanye bertajuk Cek Mitra Sebelah sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan mental masyarakat Indonesia. Gerakan ini mendorong masyarakat untuk lebih peduli dan memperhatikan kondisi teman, keluarga di sekitar mereka yang sedang mengalami tekanan mental.

Ketua Tim Peneliti HCC Ray Wagiu Basrowi menyampaikan pentingnya menciptakan ruang aman bagi semua individu untuk bisa bercerita dan mendapatkan dukungan. 

“Kesehatan mental masih sering diabaikan. Lewat gerakan ini, kami ingin mendorong orang-orang untuk secara aktif memperhatikan dan memeriksa teman-teman mereka yang mungkin sedang berjuang dengan masalah yang tak terlihat,” ujar Ray di Jakarta, Minggu (13/10). 

Baca juga : Bunuh Diri Dianggap Sebagai Jalan Keluar dari Masalah Hidup yang Kompleks

Cek Artikel:  Tingkatkan Kualitas SDM di Bidang Kesehatan Masyarakat, Sinar Mas Land Bagikan Beasiswa Master of Public Health di Monash University Indonesia

Eksispun, gerakan ini hadir di tengah peningkatan kasus gangguan kesehatan mental, yang semakin diperparah oleh efek pandemi dan berbagai tekanan hidup. Menurut data Kementerian Kesehatan, angka gangguan mental di Indonesia menunjukkan tren kenaikan, terutama di kalangan anak muda dan pekerja.

Ray menambahkan, HCC juga menyediakan platform digital yang memudahkan akses ke berbagai sumber daya terkait kesehatan mental, seperti hotline konsultasi, informasi psikologis, dan tips mendukung orang-orang terdekat. Masyarakat juga diajak untuk aktif membagikan pesan dan pengalaman di media sosial dengan tagar #CekMitraSebelah.

“Melalui tindakan sederhana seperti bertanya apa kabar? atau mendengarkan dengan penuh perhatian, kita bisa membantu meringankan beban orang lain,” tambah dia. 

Cek Artikel:  BPKH Jernihkan Dalih Masyarakat Sebaiknya Daftar Haji Sedari Awal

Dengan kampanye ini, HCC berharap masyarakat Indonesia dapat menjadi lebih empatik dan aktif terlibat dalam upaya kolektif menjaga kesehatan mental bersama. (H-2)

 

Mungkin Anda Menyukai