Pemkot Jakut Ajak Anggota Kembangkan Urban Farming

Pemkot Jakut Ajak Warga Kembangkan Urban Farming
Ilustrasi.(MI/Vicky Gustiawan)

WALI Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengajak warganya agar ikut aktif terlibat dalam upaya penguatan ketahanan pangan melalui pengembangan pertanian perkotaan (urban farming).

“Kami apresiasi pihak yang berkontribusi menggelar lomba tanam jagung pulut dan olahan jagung pulut yang digelar di Jakarta Utara,” kata Ali di Jakarta, Jumat (27/9).

Ia mengapresiasi seluruh peserta yang sudah telaten dan ikut proses dari menyemai hingga memanen jagung pulut kemudian hasil panen langsung diolah menjadi makanan dan minuman yang enak dan bergizi.

Baca juga : Pendidikan Politik Tanggung Jawab Seluruh Elemen Masyarakat

Dirinya berharap kegiatan menanam jagung pulut dapat terus berlanjut karena sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti mencegah kanker, mengontrol tekanan darah, jantung, dan lainnya. “Harus mulai menanam lagi supaya berlanjut terus. Pentingkan dan manfaatkan lahan-lahan yang ada.”

Cek Artikel:  PSI Depok Minta Pemda Serius Bersihkan Sampah di Pinggir Jalan

Sebelumnya Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara berkolaborasi dengan salah satu perusahaan benih menyelenggarakan lomba tanam jagung pulut dan olahan jagung pulut se-Kota Administrasi Jakarta Utara.

Kegiatan ini berlangsung sejak 26 Juni 2024 yang dimulai dengan tahapan sosialisasi dan pendistribusian bibit jagung pulut jantan, kemudian di 5 Juli 2024 dilakukan penanaman serentak di wilayah Jakarta Utara.

Baca juga : Hotel Ciputra Jakarta Rayakan Ulang Mengertin ke-31 dengan Eco Walk dan CSR  

Sementara Lurah Pegangsaan Dua, Vera Fitria mengatakan aksi tanam jagung pulut nampaknya akan menjadi agenda rutin di wilayah Kelurahan Pegangsaan Dua.

Ia mengatakan saat proses tanam jagung pulut harus diperhatikan betul periode pemberian pupuknya. Kalau yang di kebun Gangnam ini, ada 260 jagung pulut yang berhasil dipanen dengan masa tanam hingga panen sekitar tiga bulan lebih.

Cek Artikel:  Cari Solusi Tawuran, SKSG UI Gelar Golongan Obrolan Terarah

“Bukan hanya disini, di RW 02 juga tanam jagung pulut dan total kelompok tani di wilayah Kelurahan Pegangsaan Dua ada 4 dan semuanya produktif,” tandasnya. (Ant/J-2)

Mungkin Anda Menyukai