Jokowi Indonesia akan Jadi Negara Superpower Asia Serempak Tiongkok dan India

Jokowi: Indonesia akan Jadi Negara Superpower Asia Bersama Tiongkok dan India
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan di BNI Investor Daily Summit 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).(MI/Naufal Zuhdi)

Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga negara yang berpeluang besar menjadi kekuatan ekonomi baru di kawasan Asia. Terdapatpun tiga negara tersebut menurut Jokowi adalah India, Tiongkok dan juga Indonesia.

“Sekali lagi ketiganya ada di Asia. Tetapi, hati-hati untuk menuju ke tiga negara tadi menjadi super power ekonomi itu banyak tantangannya, banyak syarat-syarat yang harus dilalui,” ucap Jokowi saat pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (8/10).

Sebagai contoh, masalah yang dihadapi salah satunya adalah perlambatan ekonomi global yang diperkirakan masih di kisaran 2,7%-2,8%. Belum lagi, adanya peningkatan tensi geopolitik perang Ukraina-Rusia, perang Israel-Palestina, Israel-Lebanon, Israel-Iran yang membuat perekonomian global semakin tidak jelas.

Cek Artikel:  OJK Ingatkan Bank Digital Berbunga Tinggi

“Patut kita syukuri Indonesia masih tumbuh di atas 5%. Jangan kita terjebak pada rasa pesimisme karena ketidakpastian global, karena geopolitik, dan lain-lainnya. Juga dampak perubahan iklim, ini yang kita hadapi ke depan. Perlu semuanya mengantisipasi dan menyiapkan untuk ini,” tandas Jokowi. (Z-11)

Mungkin Anda Menyukai