KPU Makassar Mulai Rangkaian Deklarasi Pilkada Damai

KPU Makassar Mulai Rangkaian Deklarasi Pilkada Damai
KPU Kota Makassar, Minggu (22/9) memulai rangkaian awal Deklarasi Pilkada Damai dan Kampanye di area Car Free Day (CFD).(MI/Lina Herlina)

KOMISI Pemilihan Lazim (KPU) Kota Makassar, Minggu (22/9) memulai rangkaian awal Deklarasi Pilkada Damai dan Kampanye di area Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman Makassar, dengan titik awal depan Monumen Mandala Pembebasan Dengkian Barat.

“Kita membuat kegiatan Jalan Santai Pilkada dengan Tema Pilkada Damai dan Bermartabat. Sore ini juga akan dilaksanakan rangkaian Kirab Pilkada di beberapa kecamatan secara serentak,” kata Komisioner KPU Makassar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dan Sumbar Daya Mahluk, M Abdi Goncing.

Selanjutnya, Senin (23/9), akan dilakukan pencabutan nomor urut, akan dilanjutkan dengan Deklarasi Kampanye dan Pilkada Damai bersama para paslon beserta, partai pengusung, tokoh masyarakat dan tokoh agama. “Kemudian pada tanggal 24 september 2024, akan ditutup dengan pelaksanaan Dzikir dan Do’a Berbarengan, guna menyongsong kampanye yang Damai, Berbudaya dan Bermartabat,” seru Abdi.

Cek Artikel:  Kemendagri Ingatkan Daerah agar Hati-Hati Terbitkan NIK Baru Jelang Pilkada Serentak

Baca juga : 375 Personel Gabungan Terjaminkan Pendaftaran Pilwakot Makassar

Sebelumnya, KPU Makassar, telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Makassar, untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sebanyak 1.037.164, yang tersebar dari 154 keluarah di 15 kecamatan. Terdiri atas 501.571 pemilih laki-laki, dan 535.593 pemilih perempuan.

Termasuk penetapan jumalh Tempat Pemungutan Bunyi (TPS) sebanyak 1.877 TPS, terdiri dari 1.870 TPS reguler dan tujuh TPS khusus. “TPS khusus ini adalah 2 TPS khusus di Lapas Kelas 1 Makassar, 3 TPS di Rutan Kelas 1 Makassar, 1 TPS Tertentu di Perhimpunan Berdikari Kusta (Permata) dan 1 TPS Tertentu di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar,” tambah Abdi.

Pilkada Makasaar atau Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, diikuti empat pasangan calon, yaitu Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando, Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham, Indira Jusuf Ismail-Ilham Fauzi Ari, dan Andi Seto Asapa-Rezki Mufliati Lutfi. (N-2)

Cek Artikel:  3 Paslon Umbar Komitmen Kampanye Beradab, Bebas Politik Duit dan SARA

 

Mungkin Anda Menyukai