Tertarik Beli Mobil Listrik Anda Perlu Banyak Tanya Soal Baterai

Tertarik Beli Mobil Listrik? Anda Perlu Banyak Tanya Soal Baterai
Ilustrasi–Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaran Listrik Standar (SPKLU) di Medan, Sumatra Utara.(ANTARA/Yudi Manar)

PAKAR otomotif lulusan Institut Teknologi Bandung Yannes Martinus Pasaribu menyarankan konsumen bertanya soal baterai sebelum membeli electric vehicle (EV/kendaraan listrik).

Sebelum memutuskan membeli mobil listrik, konsumen disarankan untuk mengajukan sejumlah pertanyaan penting kepada diler guna memastikan kendaraan yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan supaya dia hingga memahami pengoperasian mobil.

“Niscayakan untuk mengetahui kapasitas baterai, jarak tempuh yang bisa dicapai dengan sekali pengisian daya, jenis konektor charging yang digunakan, serta apakah mobil tersebut hanya mendukung slow charging (pengisian daya lebih lamban) atau juga dilengkapi fitur fast charging (pengisian daya cepat),” ujar Yannes, dikutip Kamis (5/9).

Baca juga : Berniat Membeli Mobil Listrik? Ini Kiat agar Kagak Salah Pilih

Cek Artikel:  Tip agar Terjamin Mengemudi di Jalan Tol

Selain mengenai spesifikasi teknis mobil listrik yang ingin dibeli, calon pembeli juga harus memahami waktu pengisian daya yang dibutuhkan
serta berbagai fitur yang tersedia dalam kendaraan tersebut.

Yannes menilai pengetahuan itu penting agar konsumen dapat memilih mobil yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari.

Kedua, Yannes menekankan pentingnya menanyakan masa garansi yang ditawarkan, khususnya untuk baterai dan komponen lainnya.

Baca juga : Kiat Mengendarai Mobil Listrik di Segala Kondisi

“Niscayakan juga untuk mengetahui lokasi dan ketersediaan jaringan layanan purna jual, sehingga perawatan dan perbaikan mobil listrik dapat
dilakukan dengan mudah,” kata dia.

Selanjutnya, perihal pembiayaan, Yannes menyarankan agar konsumen menanyakan program kredit atau leasing yang tersedia, termasuk suku bunga dan persyaratan lainnya.

Cek Artikel:  Honda Tampilkan WR-V Field Explorer Concept hingga New Civic RS Prototype di Tokyo Auto Salon 2024

“Dengan begitu, konsumen dapat memilih opsi pembiayaan yang paling sesuai dengan kemampuan finansial mereka,” tutur Yannes.

Baca juga : Populasi Mobil Hybrid Diprediksi Sentuh 70 ribu pada Akhir 2024

Calon pembeli juga disarankan untuk menanyakan rekomendasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Standar (SPKLU) di sekitar tempat tinggal mereka. 

Beberapa diler mungkin juga menyediakan fasilitas pengisian daya di tempat mereka, yang bisa menjadi nilai tambah bagi konsumen.

Yannes menegaskan pentingnya bagi konsumen untuk memahami cara pengisian daya mobil listrik, baik di rumah maupun di SPKLU. Daya listrik rumah juga harus sesuai dengan kebutuhan pasokan daya mobil listrik.

“Tanyakan kepada diler apakah mereka menyediakan charger yang terintegrasi dengan mobil serta layanan instalasi charger di
rumah,” ujar dia.

Cek Artikel:  Kawal Pemudik Mobil dan Motor, Suzuki Siapkan 66 Titik Bengkel Siaga

Dengan memperhatikan poin-poin tersebut, konsumen diharapkan dapat membuat keputusan yang tepat saat membeli mobil listrik, baik dari segi teknis maupun pembiayaan. (Ant/Z-1)

Mungkin Anda Menyukai