Yoga Akbar Jadi Ajang Healing Serempak dan Tingkatkan Mental Health

Yoga Akbar Jadi Ajang Healing Bersama dan Tingkatkan Mental Health
Ilustrasi(freepik.com)

BEBERAPA tahun terakhir ini, isu mental health (kesehatan mental) terus mencuat dan menjadi perhatian banyak orang, termasuk Pemerintah Indonesia. Berbagai kesibukan dan tekanan baik dari pekerjaan atau personal, semakin meningkatkan tekanan bagi kesehatan mental.

Berangkat dari isu tersebut, Isha Foundation menggelar festival yoga akbar bertepatan dengan momen perayaan Hari Yoga Dunia 2024. Hari Yoga Dunia sendiri dideklarasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan telah konsisten dirayakan setiap tahun pada tanggal 21 Juni sejak 2015. Mengertin ini menandai peringatan ke-10 acara global ini.

Festival Yoga oleh Isha Foundation ini berfokus pada pentingnya kesehatan mental melalui praktik yoga dan meditasi, yang terbukti efektif untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan keseimbangan emosional secara keseluruhan. Melalui festival ini kami juga ingin mengajak masyarakat untuk melepaskan penat dan healing bersama.

Baca juga : Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Dunia 3 Januari 2024

Sebagai bagian dari perayaan tersebut, Jakarta menjadi tuan rumah Festival Yoga akbar. Rangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental melalui sesi yoga dan meditasi gratis diselenggarakan sejak tanggal 16 Juni 2024, dengan puncak acara yang dilaksanakan pada Minggu, 23 Juni 2024 berlokasi di ASHTA District 8.

Cek Artikel:  Daftar 5 Minuman yang Diklaim Dapat Picu Kenaikan Berat Badan, Paskah

Sesi yoga dan meditasi yang mencakup Hatha Yoga, Meditasi Buat Pemula, dan Yoga untuk Kesejahteraan, juga turut diramaikan dengan berbagai kegiatan budaya dan rekreasi yang digelar untuk semua kalangan secara gratis.

Isha Foundation, yang menginisiasi festival ini, digawangi oleh Sadhguru – seorang yogi dan visioner terkemuka. Isha Foundation terus melaksanakan misinya untuk membuat yoga dan meditasi dapat diakses oleh semua orang. Visi Sadhgurumelalui Isha Foundation adalah memberikan setiap individu kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental mereka melalui praktik yoga dan meditasi yang sederhana namun mendalam.

Baca juga : Meditasi dengan Langkah ini Sama Pengaruhtinya dengan Pil Penenang

Tujuan acara tersebut selaras dengan pendapat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang telah mengidentifikasi pentingnya praktik seperti yoga dan meditasi dalam menjaga kesehatan mental masyarakat.

Cek Artikel:  Orangtua Diingatkan Pilih Produk Perawatan Anak yang Alami

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan bahwa kesehatan mental adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan modern, terutama bagi masyarakat perkotaan yang menghadapi berbagai tantangan dengan ritme aktivitas yang sangat cepat.

“Yoga dan meditasi menawarkan solusi yang efektif untuk mengelola stres dan menjaga keseimbangan emosional. Saya sangat mendukung inisiatif ini dan mengajak semua orang untuk berpartisipasi dalam Festival Yoga untuk merasakan manfaatnya secara langsung,” kata Dito.

Baca juga : 9 Pose Yoga Kalau Dilakukan Rutin Tiap Malam Tingkatkan Kualitas Tidur 

Pendapat senada diungkapkan oleh pakar kebugaran nasional, Ade Rai. Menurutnya festival ini menjadi sebuah peringatan bagi kita betapa cerdas dan canggihnya tubuh manusia ketika kita mampu menciptakan ‘kesenangan’ pada badan, pikiran, emosi, dan life energy, maka kesehatan, ketenangan, kecintaan, dan kegembiraan akan menjadi konsekuensinya.

“Program-program yang diadakan pada festival ini akan mengarahkan kita pada tujuan tersebut,” ujar Ade.

Sejalan dengan pendapat Ade Rai, penggemar yoga yang juga selebritas Indonesia, Anjasmara, menambahkan, dia sangat senang atas digelarnya festival yoga akbar ini.

Cek Artikel:  9 Tanda Sperma yang Sehat Agar Mempercepat Kehamilan

Baca juga : Budayakan Minum Teh Hijau untuk Ketenangan dan Kesehatan Mental

“Yoga telah menjadi perjalanan hidup yang mengubah saya, dan saya berharap lebih banyak orang akan merasakan manfaatnya yang mendalam. Yoga dan meditasi tidak hanya dapat membantu saya meregulasi stres dan kecemasan tetapi juga meningkatkan fokus, daya ingat, dan produktivitas,” tuturnya.

Menjelang Hari Yoga Dunia, Isha Foundation juga menawarkan Program Tantangan Yoga 21 Hari khusus yang tersedia secara gratis di aplikasi Sadhguru yang secara khusus dirancang oleh Sadhguru sendiri sebagai yogi terkemuka. 

Aplikasi ini telah tersedia di Apple App Store dan Google Play Store, dan dilengkapi dengan reward untuk setiap pencapaian yang diraih. Latihan-latihan Yoga dalam program tantangan ini sederhana namun bermanfaat dan mudah diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat diakses oleh semua orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. (H-2)

Mungkin Anda Menyukai