Pandemi Tak Halangi Semangat Belajar Mengajar

Pandemi Tak Halangi Semangat Belajar Mengajar
Pandemi tak menghalangi semangat belajar.(Kemendikbud)

SEPERTI sektor lainnya, sektor pendidikan nasional pada 2020 terdampak pandemi covid-19. Berbagai program yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sejak Maret 2020, awal virus korona baru melanda Indonesia, mengalami penyesuaian.

Program Belajar Dari Rumah (BDR) menjadi kebijakan pemerintah. Siswa, mahasiswa, guru, dosen pun dalam waktu sekejap harus belajar dengan memanfaatkan teknologi. Pandemi nyatanya tidak menghalangi proses belajar mengajar. Program bantuan dikucurkan agar proses belajar mengajar dari rumah tidak menjadi kendala bagi siswa maupun mahasiswa dalam menyerap ilmu.

Tak hanya itu, program yang direncanakan Kemendikbud terus berjalan. Peluncuran Program Merdeka Belajar sejak Januari hingga November 2020 terus diluncurkan dari tahap 2 hingga tahap 6. Berbagai kompetisi untuk meningkatkan prestasi peserta didik terus berjalan.

Cek Artikel:  Tren Kasus Lanjut Menurun, PPKM Luar Jawa-Bali Dilanjutkan

Bahkan, pemerintah mengeluarkan kebijakan yang cukup besar, melakukan seleksi penerimaan guru yang memberi kesempatan kepada pendidik honorer yang jumlahnya 1 juta orang. Akhir 2020 pun menjelang. Cita-cita dunia pendidikan untuk kembali berjalan normal adalah doa. Semoga pandemi covid-19 segera berakhir. (S1-25)

Mungkin Anda Menyukai