Jadi Pemenang di Hangzhou Terbuka, Marin Cilic Cetak Sejarah

Jadi Juara di Hangzhou Terbuka, Marin Cilic Cetak Sejarah
Petenis Kroasia Marin Cilic usai menjadi juara di Hangzhou Terbuka(AFP)

MANTAN juara Amerika Perkumpulan (AS) Terbuka Marin Cilic mencetak sejarah sebagai petenis dengan peringkat terendah di ATP Tour uang berhasil menjadi juara. Petenis Kroasia itu menjadi juara di Hangzhou Terbuka.

Cilic, yang mengawali turnamen di Tiongkok itu di peringkat 777 dunia, menghabiskan mayoritas di dua musim terakhir absen karena cedera lutut yang membutuhkan sejumlah operasi.

Tampil di Hangzhou menggunakan fasilitas wildcard, mantan petenis peringkat tiga dunia itu sebelumnya absen selama 22 bulan.

Baca juga : Cedera, Cilic dan Shapovalov Mundur dari AS Terbuka

Para Selasa (24/9), empat hari sebelum ulang tahunnya yang ke-36, Cilic mengalahkan wakil tuan rumah Zhang Zhizhen 7-6 (7/5) dan 7-6 (7/5) untuk menjadi juara Hangzhou Terbuka.

Cek Artikel:  Prancis Melaju Semifinal Euro 2024, Menang Adu Penalti Atas Portugal

“Ini merupakan periode yang berat bagi saya. Peringkat saya merosot karena saya lama tidak bermain,” ujar Cilic yang pernah menduduki peringkat tiga dunia pada 2018.

Cilic menjalani operasi lutut terbarunya pada Mei lalu. Dia menyebut opperasi itu sebagai opsi terbaik untuk mengatasi cederanya agar dia bisa kembali bertanding.

Baca juga : Gagal Pulih dari Cedera, Cilic Mundur dari Australia Terbuka

Dia hanya bermain dua kali di 2023 dan empat kali pada awal tahun ini.

Cilic memulai comebacknya dengan tampil di turnamen Challenger, satu tingkat di bawah tur ATP, Agustus lalu sebelum kembali berlaga di tur ATP pada pekan ini di TIongkok.

Cek Artikel:  Erik ten Hag Jawab Kritik, Jelang MU vs Coventry di Semifinal Piala FA

Cilic membukukan 18 servis aces dan 42 dari 50 servis pertamanya dalam laga melawan Zhang.

Berkat keberhasilannya menjadi juara di Hangzhou Terbuka, peringkat Cilic melesat 404 posisi ke peringkat 373 dunia. (bbc/Z-1)
 

Mungkin Anda Menyukai