Media Test Drive Mitsubishi All-New Triton, Dibekali Fitur Maksimal

Media Test Drive Mitsubishi All-New Triton, Dibekali Fitur Maksimal
Mitsubishi All-New Triton,(DOK MMKSI)

TERIKNYA sinar matahari tidak menyurutkan niat 40-an jurnalis untuk menjajal keluaran terbaru dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), yaitu Mitsubishi All-New Triton.

Pada sesi test-drive Selasa (10/9) itu, para jurnalis dengan sabar menunggu diberikan kesempatan untuk mengendarai Triton pada rute yang telah disediakan serta sekaligus menjajal dan memaksimalkan fitur-fitur yang disematkan pada Mitsubishi All-New Triton.

”Ini adalah produk yang sangat penting bagi Mitsubishi Motor yang sudah dikembangkan dari 2002. Jadi sudah lebih dari 20 tahun ada di sini dan sangat diterima oleh masyarakat. Juga terimakasih atas dukungan teman-teman yang selalu memberikan upaya-upaya sehingga masyarakat pun mengetahui keunggulan dari produk yang sangat reliable dan durable ini,” kata President Director PT MMKSI, Atsushi Kurita, dalam sambutannya sebelum test drive dilaksanakan di Desa Pelangi, Sentul.

Baca juga : MMKSI Ajak Jurnalis Jajal Keandalan Mitsubishi All-New Triton di Medan Off-road Perbukitan

”Dan ini merupakan produk yang sangat penting bagi MKKSI, karena ini sangat mendukung bisnis dari para konsumen kami di daerah, seperti di perkebunan dan pertambangan,” tambahnya.

Pihak MKKSI menyiapkan 12 unit Triton dari berbagai tipe untuk dijajal di medan off-road perbukitan di area Sentul, Jawa Barat. Lintasan off-road sepanjang 650 meter dengan berbagai rintangan. Terdiri dari varian Ultimate, yang merupakan varian tertinggi dengan transmisi otomatis, serta varian GLS dan HDX yang dilengkapi dengan transmisi manual. Dari 12 unit tersebut, 9 unit dialokasikan untuk uji coba, sementara 3 unit lainnya berfungsi sebagai unit display untuk keperluan ulasan statis dan eksplorasi yang lebih optimal.

Cek Artikel:  GM Guyur Anggaran Bonus EV Senilai Rp1,1 miliar

Pada Media Test Drive ini, ada berbagai macam tantangan di trek yang disiapkan. Terdapat genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur yang disiapkan sepanjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm.

Baca juga : Mengenal All New Triton dan New Pajero Sport, 2 Produk Baru Mitsubishi di GIIAS 2024

”Kepada melewati area berlumpur ini dengan efektif, pengemudi disarankan menggunakan fitur drive more ‘Mud’ dan Real Differential Lock. Ini untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata dan licin,” kata instruktur Momon saat briefing sebelum test drive dimulai.

”Pada jalur off-road datar, Anda mendapat kesempatan untuk merasakan dan beradaptasi dalam mengemudikan unit Mitsubishi All-New Triton di jalan tanah dan mencoba pengalaman berbeda menggunakan mesin baru yang lebih bertenaga, dengan torsi yang melebihi pada putaran awal,” tambah Momon lagi.

Selanjutnya, peserta memasuki trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan. Pada jalur ini, kecepatan yang disarankan adalah 10-20 km/jam.

Baca juga : Laris manis Manis di GIIAS 2024, Mitsubishi Fuso Raih 1.113 Pesanan Kendaraan Niaga

Cek Artikel:  Carsurin dan NBRI Kolaborasi untuk Percepatan Industri Kendaraan Listrik

Kepada lebih menguasai materi briefing, para jurnalis langsung diajak mengenal trek.

Ketika pengenalan trek sebelum test drive, Momon kebagian mendampingi tim Media Indonesia. ”Ini sebenarnya tidak terlalu sulit,” kata Momon saat akan melewati jalur tanjakan hampir 45 derajat.

”Jangan panik, gunakan mode 4LLc, tidak usah injek gas, arahkan saja kemudinya lurus. Kasi sedikit gas untuk menginisiasi tarikan mesin,” ujar Momon.

Baca juga : Transformasi Kendaraan Niaga, Truk Listrik eCanter Formal Mengaspal dari GIIAS 2024

Di depan, turunan curam yang dilanjutkan dengan tanjankan yang tidak kalah curam akan kami lewati. Dekat 45 derajat kemiringannya.

”Pada trek menurun, pengemudi dapat memanfaatkan rem yang lebih optimal,” kata Momon. Dengan pengalamannya yang puluhan tahun mengunjungi pertambangan, kebun sawit, dan hutan, Momon tampak percaya diri.

Hadirnya fitur Active Kukuhity and Traction Control (ASTC), tambahnya, juga memberikan stabilitas di berbagai medan dan kondisi jalan.

”Jadi siapa saja bisa mengendalikan mobil ini,” ungkap Momon sambil melahap tanjangan yang curam berbatu sepanjang 15 meter tersebut.

Mitsubishi All-New Triton tipe Ultimate 4×4 yang kami tumpangi menawarkan beberapa keunggulan untuk mengemudi menanjak, termasuk Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle yang lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya, serta torsi dan daya yang superior.

Hingga akhir trek, semua fitur dapat dimaksimalkan untuk mencapai posisi start. Trek sepanjang 650 meter kami lahap dalam 20 menit.

Cek Artikel:  Mengenal Uji Emisi yang Jadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan

Super select 4WD

Kepada mobil-mobil terbaru, Mitsubishi Motors sudah punya fitur Super Select 4WD-II yang jauh lebih canggih. Kita dapat memindahkan mode penggerak roda dari 2WD ke 4WD pada kecepatan 100 km/jam.

Fitur Super Select 4WD-II ini punya empat pilihan pengaturan cara kerja sistem gerak roda. Adalah 2H (gerak roda belakang), 4H (gerak semua roda tanpa perbedaan), 4HLc (gerak semua roda, central differential mengunci), dan 4LLc (gerak semua roda, central differential mengunci, low gears).

Kepribadian kokoh dari Mitsubishi All-New Triton dapat dirasakan berkat improvement pada rangka chassis, yang meningkatkan kekuatan, durabilitas, dan keamanan kendaraan, terlebih dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

Peserta juga dapat memahami ketinggian ground clearance Mitsubishi All-New Triton yang mencapai 222 mm. Ketinggian ini sangat membantu dalam mengemudi di medan off-road. Selain itu, pengembangan pada sistem suspensi meningkatkan stabilitas berkendara dan memperbaiki performa secara keseluruhan.

Mitsubishi All-New Triton diluncurkan dengan sukses di ajang GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2024. All-New Triton diluncurkan sebagai model baru untuk menggantikan truk pick-up legendaris dari Mitsubishi Motors yang telah hadir selama lebih dari 40 tahun di pasar global, dan telah berkembang bersama masyarakat Indonesia selama 22 tahun terakhir, sejak 2002. (Z-8)

 

Mungkin Anda Menyukai