Indonesia ke Peringkat 2 Grup C jika Menang Vs Cina, Ini Skenario ke Piala Dunia – Liputanindo.id


Indonesia ke Peringkat 2 Grup C jika Menang Vs Cina, Ini Skenario ke Piala Dunia

Liputanindo.id – Dua pemain Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bersiap untuk latihan di Cina, Senin (14/10/2024). Indonesia berpeluang naik ke peringkat kedua Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 jika mampu memenangi laga melawan tuan rumah Cina, Selasa (15/10/2024) besok. (Istimewa/PSSI)

Liputanindo.id, QINGDAO — Indonesia berpeluang naik ke peringkat kedua Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 jika mampu memenangi laga melawan tuan rumah Cina, Selasa (15/10/2024) besok.

Sesuai regulasi, tim peringkat 1 dan 2 masing-masing grup akan mendapat tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026 yang berlangsung di tiga negara masing-masing Amerika Perkumpulan, Meksiko, dan Kanada. 

Promosi
Toko Perabotan di Solo Ini Lengkap Banget, Banyak Barang Aneh dan Murah!

Sementara itu tim peringkat 3 dan 4 akan melaju ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Cek Artikel:  Beda dengan Vinicius, Bintang Atletico Madrid Sebut Dirinya Tak Punya Masalah dengan Rasisme

Sedangkan tim peringkat 5 dan 6 harus terhenti langkahnya dan dipastikan gagal ke Piala Dunia 2026. 

Apabila mengacu pada aturan tersebut, Timnas Indonesia masih punya peluang untuk memperbaiki posisi dari peringkat saat ini di tangga kelima klasemen Grup C. 

Indonesia cuma berjarak 1 poin dari tim peringkat kedua hingga keempat yakni Australia, Arab Saudi, dan Bahrain. 

Definisinya, jika pada laga selanjutnya Timnas Indonesia bisa menang atas China, posisi anak asuh Shin Tae-yong itu bisa naik ke posisi 2 atau 3. 

Karena pada waktu yang hampir bersamaan, Australia akan menghadapi Jepang dan Arab Saudi bersua Bahrain. 

Apabila Australia kalah dari Jepang dan Arab Saudi imbang lawan Bahrain, Indonesia akan naik ke posisi 2 kalau mampu mengatasi perlawanan Cina. 

Poin penuh melawan Cina sangat krusial, sebab itu adalah syarat bagi Indonesia untuk bersaing dengan 4 tim lain yang telah memetik kemenangan. 

Cek Artikel:  Guardiola Beberkan Informasi Terbaru Soal Kondisi Rodri

Setelah melawan Cina, Tim Merah Putih akan bersua pemuncak klasemen sekaligus tim terkuat di grup ini, Jepang pada bulan November mendatang. 

Laga kontra Cina juga akan menjadi penutup putaran pertama babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Krusial bagi Indonesia untuk setidaknya mengamankan posisi ketiga klasemen Grup C, agar langkah di putaran kedua tidak terlampau berat. 

Pada putaran kedua Timnas Indonesia akan bermain kandang melawan Arab Saudi, Bahrain, dan Cina. 

Setelah itu, Jay Idzes dkk. akan bertandang ke markas Australia dan Jepang. 

Apabila melihat hasil putaran pertama, Indonesia berpeluang meraih poin melawan 4 tim selain Jepang. 

Secara realistis, Timnas Indonesia berpeluang finis di posisi 3 atau 4. 

Tetapi, finis di posisi 2 di bawah Jepang pun tetap mungkin terjadi asalkan bisa mengalahkan Arab Saudi yang juga menjadi pesaing berat di grup ini. 

Cek Artikel:  Bangga! Ronald Koeman Puji Performa Belanda Usai Lolos ke Semifinal Euro 2024

Dari perhitungan matematis, Timnas Indonesia bisa meraih 19 poin jika: menang atas China; imbang lawan Jepang; menyapu bersih laga kandang lawan Arab Saudi, Bahrain, dan Cina; dan mencuri kemenangan di markas Australia. 

Dengan skenario tersebut, posisi Indonesia dipastikan aman berada di posisi kedua Grup C di bawah Jepang untuk langsung lolos ke Piala Dunia 2026. 

Yang pasti, laga melawan Bahrain, Cina, dan Australia tak boleh berakhir dengan kekalahan agar Indonesia tak keluar dari 4 besar, atau batas terakhir untuk lolos ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Definisikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kesempatan Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 Lagi Terbuka, Ini Skenarionya”

Mungkin Anda Menyukai