Polisi Kerahkan 120 Personel Kepada Kawal Tiga Paslon Pilkada Jakarta 2024

Polisi Kerahkan 120 Personel Untuk Kawal Tiga Paslon Pilkada Jakarta 2024
Ilustrasi(MI/Usman Iskandar)

POLDA Metro Jaya mengerahkan total 120 anggota kepolisian untuk mengawal tiga pasangan calon kepala daerah selama proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 mulai Minggu (22/9).

“Masing-masing calon dipersiapkan 40 orang. Jadi, ada 40 orang kali tiga [paslon], berarti 120 orang yang bertugas memberikan pengamanan, keamanan terhadap cagub-cawagub,” kata Dirsamapta Polda Metro Jaya Kombes Ahmad Zaenudin di kantor KPU DKI, Jakarta Pusat (22/9).

Zaenudin mengatakan, anggota polisi yang dikerahkan nantinya akan mendampingi pasangan cagub atau cawagub DKI 2024 di setiap kegiatan mulai hari ini. Polisi pengawal paslon itu terdiri dari berbagai jenis personel. Misalnya, tim pengamanan dan tim advance.

Cek Artikel:  Zulhas PAN Ikuti Keputusan Prabowo Usung Dedi Mulyadi

Baca juga : Pramono-Rano Mau Rangkul Sekalian Pihak untuk Kemajuan Jakarta

Di satu sisi, pihak paslon diperkenankan untuk mengatur sendiri tugas yang lebih rinci dari polisi yang mengawal. Zaenudin memastikan, anggota yang dikerahkan bakal mengawal hingga kediaman masing-masing paslon.

“Nanti mereka [paslon] diberikan kepercayaan pengawalan dan pengamanan setiap kegiatan di masing-masing cagub-cawagub,” sebut dia.

“Silakan dari paslon dimanfaatkan dan digunakan untuk melaksanakan tugasnya di lapangan, bahkan kita akan stay mungkin di dekat-dekat rumah kediaman atau rumah tinggal sehingga mereka ini sudah langsung aktif menjalankan tugasnya di lapangan,” lanjut Zaenudin.

Baca juga : 19 Demonstran Jadi Sebagai Tersangka, Tetapi Tak Ditahan

Katanya, sebanyak 40 personel di setiap paslon itu akan dibagi dalam tiga grup. Pada penerapannya, ada personel yang beristirahat dan ada personel yang bertugas.

Cek Artikel:  Tanggapi Putusan MK, PDIP Beri Sinyal Anies dan Ahok Masuk Radar Pilgub Jakarta

“Padi per 10-10 [anggota], ada tiga grup, mungkin ada yang perlu istirahat, ada yang cadangan, nanti teknis itu di lapangan. Tergantung dari paslon cagub-cawagub,” sebut Zaenudin.

Kepada diketahui, KPU DKI menetapkan tiga paslon dalam Pilkada DKI 2024. Ketiganya, Pramono Anung-Rano Karno yang diusung PDIP dan Hanura, Ridwan Kamil (RK)-Suswono yang diusung parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, lalu Dharma Pongrekun-Kun Wardana dengan dukungan perseorangan 677.065 dukungan.

KPU DKI akan menggelar pengundian nomor urut Pilkada DKI 2024 pada Senin (23/9/2024) malam. (S-1)

Mungkin Anda Menyukai