Menpora Dito Ariotedjo Percaya Indonesia Bakal Kirimkan 30 Atlet di Olimpiade 2024

Liputanindo.id JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyatakan optimisme tinggi bahwa lebih dari 30 atlet Indonesia akan berlaga dalam Olimpiade Paris 2024 yang dijadwalkan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus.

Hal tersebut disampaikan Menpora RI Dito Ariotedjo, yang mengatakan Indonesia memiliki peluang untuk mengirimkan sebanyak mungkin atlet dalam ajang olahraga internasional paling bergengsi itu.

“Harusnya dengan sumber daya yang tersedia saat ini, Indonesia memiliki potensi untuk mewakili negara ini dengan jumlah antara 20 hingga 30 atlet,” kata Dito kepada sejumlah wartawan di Kantor Kemenpora RI, Senin (26/2/2024).

Kendati demikian, Dito menegaskan bahwa target jumlah atlet tersebut masih dapat berubah mengikuti dinamika kualifikasi Olimpiade yang tengah berlangsung. Dia juga menyatakan bahwa upaya untuk mencapai target tersebut terus dilakukan oleh masing-masing cabang olahraga yang terlibat dalam kualifikasi.

Cek Artikel:  Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jepang Bungkam Korut, Thailand Imbangi Korsel

“Tak ada target konkret yang telah ditetapkan saat ini karena tantangan yang dihadapi oleh setiap cabang olahraga berbeda-beda. Yang terpenting bagi kami adalah memastikan bahwa sebanyak mungkin atlet bisa lolos kualifikasi,” tambah Dito.

Selain memberikan dukungan finansial, langkah-langkah negosiasi juga sedang dilakukan dengan sejumlah cabang olahraga yang memiliki potensi untuk memperoleh wild card atau diundang langsung ke dalam turnamen, sesuai kebijakan penyelenggara.

Demi mendukung persiapan atlet, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp61,5 miliar lebih untuk 11 cabang olahraga yang akan mengikuti kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Biaya tersebut telah disalurkan kepada berbagai PB dan organisasi olahraga, termasuk PB PABSI, PB ISSI, Persani, Perpani, PBVSI, PB TI, PBSI, PB PSOI, PJSI, PASI, dan PB AI.

Cek Artikel:  Tak Letih Lempar Kritikan, Bung Towel Tuding Shin Tae-yong Malas Pantau Perserikatan 1

Lebih lanjut, dua cabang olahraga lainnya, yaitu Podsi dan Perbakin, juga akan menerima bantuan serupa dalam waktu dekat.

Kemenpora menegaskan bahwa bantuan dana tersebut merupakan komitmen nyata pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional melalui partisipasi atlet Indonesia di tingkat internasional. Selain itu, jika berhasil lolos dan berkompetisi di Olimpiade Paris, setiap cabang olahraga akan kembali mendapatkan dukungan finansial tambahan dari pemerintah.

Dengan komitmen dan dukungan yang kuat, Indonesia berharap bisa meraih hasil gemilang di Olimpiade Paris 2024 dan menyumbangkan prestasi membanggakan bagi bangsa dan negara. (RMA)

Mungkin Anda Menyukai