Teleskop James Webb Temukan Galaksi Mirip Tanda Tanya di Langit

Teleskop James Webb Temukan Galaksi Mirip Tanda Tanya di Langit
Teleskop Luar Nomorsa James Webb menangkap gambar unik berupa bentuk tanda tanya yang berasal dari dua galaksi yang berinteraksi di jarak sekitar 7 miliar tahun cahaya dari Bumi. (James Webb Telescope)

TAHUN lalu, Teleskop Luar Nomorsa James Webb (JWST) secara kebetulan menangkap bentuk yang sangat mirip tanda tanya di langit. Fitur yang aneh ini tertangkap di bagian bawah gambar sepasang bintang yang sedang terbentuk di rasi bintang Vela, sekitar 1.470 tahun cahaya dari Bumi. 

Gambar tersebut segera menjadi viral di media sosial, memicu banyak spekulasi tentang asal-usulnya. Mulai dari tanda alien yang mempermainkan kita, hingga kesalahan dalam realitas.

Pandangan terbaik JWST terhadap “Kekasih Tanda Tanya” yang dirilis pada Rabu (4/9) akhirnya mengungkap beberapa petunjuk tentang teka-teki kosmik ini.

Baca juga : Astronom Temukan Enam “Dunia Badung” di Nebula NGC 1333 dengan Teleskop James Webb

Para astronom sudah mengetahui dari warna merah objek tersebut bahwa itu sangat jauh. Mereka menduga bentuk tanda tanya tersebut disebabkan sepasang galaksi yang berputar menuju satu sama lain di ruang angkasa yang dalam.

Gambar terbaru mengonfirmasi hal ini, menunjukkan dengan detail dua galaksi yang berinteraksi, galaksi merah berdebu yang membentuk lengkungan tanda tanya, dan galaksi spiral putih yang terlihat melingkari lengkungan di sebelah kanannya. Titik tanda tanya adalah galaksi lain yang tidak terkait, yang kebetulan berada di posisi yang tepat dari sudut pandang JWST. 

Cek Artikel:  Redmi Note 13 Pro Plus 5G vs Redmi Note 13 Pro 5G Mana yang Lebih Unggul

Gambar tersebut juga menampilkan ribuan garis cahaya yang berbeda-beda, jadi, jika Anda melihat lebih dekat, Anda mungkin menemukan beberapa tanda apostrof, titik dua, titik koma, dan tanda baca lainnya juga.

Baca juga : Astronom Temukan Lubang Hitam Purba Tertua, Berusia Miliaran Mengertin

Data dari JWST menunjukkan kedua galaksi tersebut berjarak 7 miliar tahun cahaya dari Bumi dan cukup dekat untuk berinteraksi satu sama lain. Kemungkinan akibat tabrakan reservoir gas mereka, kedua galaksi tersebut sedang aktif membentuk bintang di beberapa wilayah kompak, kata para astronom.

“Tetapi, bentuk kedua galaksi tersebut tampaknya tidak terlalu terganggu, sehingga kami mungkin baru saja melihat awal dari interaksi mereka satu sama lain,” kata Vicente Estrada-Carpenter dari Universitas Saint Mary’s di Nova Scotia, yang memimpin studi tentang pasangan galaksi tersebut, dalam sebuah pernyataan baru-baru ini.

Cek Artikel:  Astronom Berhasil Ungkap Rahasia Bintang Zombie dari Pahamn 1181

Seluruh timnya terkejut ketika data teleskop diolah dan diubah menjadi gambar berwarna, katanya kepada The Washington Post. “Kami semua langsung melihat tanda tanya,” katanya. “Ini hanya gambar yang indah.”

Baca juga : Ditemukan, Lubang Hitam Tertua Berskala 10 Juta Kali Lebih Besar Daripada Mentari

Dua galaksi menonjol tersebut terdistorsi dan terduplikasi oleh gugusan galaksi di latar depan yang sangat besar sehingga membelokkan struktur ruang-waktu, menciptakan efek seperti cermin rumah kaca kosmik. Keanehan alam semesta ini disebut lensa gravitasi, dan karena hal tersebut, salah satu dari dua galaksi tanda tanya muncul lima kali dalam gambar tersebut. 

Faktanya, jenis lensa gravitasi “multi-cermin” yang kita lihat dalam gambar terbaru JWST ini jarang terjadi karena memerlukan keselarasan yang sangat tepat antara pengamat, galaksi yang jauh, dan objek yang menghasilkan lensa, yang dalam hal ini adalah gugusan galaksi MACS-J0417.5-1154. Jenis lensa ini dikenal para astronom sebagai “lensa gravitasi umbilik hiperbolik.”

Cek Artikel:  Astronaut NASA Tunggu Keputusan Kembalinya ke Bumi Seminggu Tengah

Sejauh ini, hanya segelintir konfigurasi galaksi multi-cermin yang serupa telah diamati, kata astronom dan penulis studi, Guillaume Desprez, dari Universitas Saint Mary’s, dalam pernyataan tersebut. “Ini menunjukkan kekuatan Webb dan mungkin sekarang kita akan menemukan lebih banyak lagi.”

Dengan mempelajari wilayah pembentukan bintang yang terlihat dalam gambar terbaru JWST, para astronom dapat menyimpulkan bagaimana galaksi berkembang sepanjang sejarah alam semesta. Sementara itu, gambar teleskop itu juga memberikan lebih banyak wawasan tentang masa lalu galaksi rumah kita sendiri, Bima Sakti.

Massa kedua galaksi yang berinteraksi tersebut mirip dengan massa galaksi kita miliaran tahun yang lalu, sehingga “Webb memungkinkan kita untuk mempelajari seperti apa masa remaja galaksi kita sendiri,” kata rekan penulis studi, Marcin Sawicki, dari Universitas Saint Mary’s, dalam pernyataan tersebut. (Space/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai