Nihon Hidankyo Menangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2024

Nihon Hidankyo Menangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2024
Pengumuman pemberian Nobel Perdamaian 2024.(DOK AL JAZEERA)

ORGANISASI Jepang Nihon Hidankyo telah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2024 atas upayanya untuk mencapai dunia yang bebas senjata nuklir. Mereka juga mengungkapkannya melalui keterangan saksi bahwa senjata nuklir tidak boleh digunakan lagi.

Penyintas bom atom Hiroshima-Nagasaki juga dikenal sebagai Hibakusha menceritakan kisahnya saat jatuhnya bom atom, dampak, penelitian, upaya  memperjuankan perdamaian. Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki, 6 dan 9 Agustus 1945 menewaskan sekitar 150.000 – 190.000 korban jiwa, seperti dikutip dari laman Science.

Penghargaan tersebut diumumkan di Institut Nobel Norwegia di Oslo.

Baca juga : Peraih Penghargaan Nobel Perdamaian dan Sejarah Nobel Perdamaian

Seorang pembela hak-hak perempuan Iran yang dipenjara, Narges Mohammadi, memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2023 atas perjuangannya yang berani melawan penindasan terhadap perempuan di Iran dan perjuangan tanpa henti untuk reformasi sosial.

Cek Artikel:  Korea Utara Bersiap Terima Tamu Asing, Resor Wisata Akan Dibuka Akhir Mengertin

Hadiah Nobel perdamaian adalah satu-satunya hadiah Nobel yang diberikan di ibu kota Norwegia, karena hadiah Nobel lainnya diumumkan di Stockholm.

Secara keseluruhan, terdapat 286 kandidat, masing-masing 197 individu dan 89 organisasi diketahui telah dicalonkan tahun ini. Komite Nobel Norwegia merahasiakan nama para kandidat selama 50 tahun, namun mereka yang berhak mencalonkan dapat mengungkapkan siapa yang mereka usulkan.

Hadiah tersebut berupa uang tunai sebesar 11 juta kronor Swedia (US$1,1 juta) dari warisan yang ditinggalkan oleh pencipta penghargaan, penemu Swedia Alfred Nobel. Selain hadiah uang tunai, pemenang juga akan diberikan medali pada 10 Desember. (Aljzeera/Z-6)

 

Mungkin Anda Menyukai