4 Rekomendasi Makanan Khas Indonesia yang Spesial dan Lezat

4 Rekomendasi Makanan Khas Indonesia yang Unik dan Lezat
Ilustrasi(Ist)

SEBAGAI negara kepulauan, Indonesia memiliki wilayah yang tersebar sehingga menghasilkan keragaman budaya, kearifan lokal hingga kuliner. Letak geografis yang beragam menjadi salah satu penentu keragaman bahan pangan yang lantas dioleh menjadi panganan khas wilayah setempat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi makanan khas daerah yang unik bisa kamu coba ketika mengunjungi daerah tersebut.

1. Kapurung

Baca juga : 10 Makanan Khas Jawa Tengah Terfavorit, Wajib Dicoba

Kapurung merupakan makanan khas asal Makassar. Makanan ini semacam bubur sagu, tapi berbentuk bulat. Hidangan tersebut ditambah dengan sayuran hingga seafood, seperti udang, cumi, kerang, ikan tongkol dan ikan tuna.

Panganan ini menggunakan asam papikala, yang mirip honje atau kecombrang. Engkau tidak perlu menyantap sajian tersebut dengan nasi, sebab sudah ada karbohidrat dari kapurung. 

Cek Artikel:  Golden Bay Live Seafood Restaurant Luncurkan Menu Baru Serempak Celebrity Chef Devina Hermawan

2. Botok

Baca juga : 9 Makanan Khas Makassar yang Terkenal, Lezatnya Bikin Ketagihan!

Matangan khas yang populer di Nusa Jawa ini terbuat dari bungkil/ampas kelapa yang telah diambil sari atau santannya, sehingga hanya tersisa parutan kelapanya saja. Kemudian ampas kelapa tersebut dimasak dengan berbagai bumbu rempah, ditambah sayur dan protein, lalu dikukus sampai matang.

3. Bulung

Makanan yang dapat kamu temukan di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali ini adalah rumput laut yang memiliki kandungan gizi baik. Bahan makanan ini juga kerap dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. Demi kuliner, biasanya, makanan ini dijadikan salad, diberi kuah pindang atau taburan kelapa dan kacang-kacangan. 

Cek Artikel:  Ini 5 Restoran Thailand untuk Pengalaman Menyantap Paling Autentik

4. Ampiang Dadih

Makanan khas dari Sumatra Barat ini terdiri dari campuran ampiang dan dadih. Ampiang terbuat dari beras ketan dan ditumbuk, sementara dadih ialah susu kerbau yang difermentasi.(M-3)

Mungkin Anda Menyukai