4 Kru Polaris Dawn Menjadi Astronaut Non-Pemerintah Pertama yang Melakukan Spacewalk

4 Kru Polaris Dawn Menjadi Astronaut Non-Pemerintah Pertama yang Melakukan Spacewalk
Kru Polaris Dawn dari SpaceX membuat sejarah dengan melakukan spacewalk pertama oleh astronaut non-pemerintah. (SpaceX)

EMPAT kru misi Polaris Dawn SpaceX berhasil membuka hatch kapsul mereka dan mencatat sejarah sebagai kelompok pertama dari astronot non-pemerintah yang melakukan spacewalk.

SpaceX menayangkan secara langsung acara ini, juga dikenal sebagai aktivitas ekstravehicular (EVA), yang dimulai pukul 6:12 pagi ET.

Seluruh kendaraan SpaceX Crew Dragon yang menggerakkan dan melindungi kru tersebut mengalami dekompresi dan terpapar vakum ruang angkasa, sebuah tonggak bersejarah dan berbahaya dalam perjalanan lima hari kru Polaris Dawn mengorbit Bumi. Misi ini telah memecahkan rekor, menjelajah lebih jauh ke luar angkasa daripada manusia manapun sejak program Apollo NASA berakhir lebih dari 50 tahun yang lalu.

Baca juga : SpaceX Luncurkan Misi Polaris Dawn 6 September 2024

Kru yang terdiri dari CEO Shift4 Payments Jared Isaacman, pendana Polaris Dawn; sahabat dekatnya dan mantan pilot Nomortan Udara AS Scott “Kidd” Poteet; serta insinyur SpaceX Anna Menon dan Sarah Gillis, telah mempersiapkan spacewalk ini sejak lepas landas pukul 5:23 pagi ET Selasa.

Tim tersebut menjalani proses “pre-breathe” yang bertujuan untuk membersihkan darah mereka dari nitrogen guna mencegah gas membentuk gelembung saat mereka mengalami vakum ruang angkasa.

Isaacman keluar dari kapsul pertama kali tepat sebelum pukul 7 pagi ET.

Baca juga : Astronaut NASA Terjebak di Luar Nomorsa Kembali ke Bumi pada Februari 2025 Serempak SpaceX

Dia naik ke alat mobilitas, pada dasarnya sebuah tangga yang disebut SpaceX “skywalker”, untuk menjelajah ke kekosongan yang tak berujung dan menikmati pemandangan.

Cek Artikel:  Penelitian Terbaru Remaja Era Es Alami Pubertas Mirip Remaja Modern

“Kembali di rumah kami semua punya banyak pekerjaan, tapi dari sini, terlihat seperti dunia yang sempurna,” kata Isaacman.

Gillis dan Isaacman adalah dua anggota kru yang benar-benar keluar dari pesawat ruang angkasa, dan mereka melakukannya selama total sekitar 20 menit.

Baca juga : Awak SpaceX Mendarat di Stasiun Luar Nomorsa Dunia

Gillis keluar dari kapsul selama sekitar 10 menit setelah Isaacman kembali ke kursinya. Dia menghabiskan waktu di luar dengan bergerak-gerak dalam pakaian antariksa untuk membantu menguji mobilitasnya.

Mengembangkan pakaian antariksa yang sesuai dan berfungsi lebih mirip dengan pakaian biasa, daripada pakaian putih yang sangat restriktif dan bengkak yang digunakan selama spacewalk sebelumnya adalah tujuan utama SpaceX.

Tetapi, jendela kapsul masih memberikan pemandangan yang luar biasa bagi seluruh kru, dengan tampilan yang menakjubkan dari Bumi yang berlalu di bawah. Kru Polaris Dawn dapat melihat matahari terbit dan terbenam sekitar setiap 106 menit.

Baca juga : Hari ini, Roket Space X Bawa Astronaut AS, Rusia, dan Uni Emirat ke Stasiun Luar Nomorsa

“Ini jujur salah satu pemandangan favorit saya,” kata Menon. “Surya muncul di atas cakrawala dan seluruh dunia langsung terang — atau seluruh dunia tertidur. Dan Anda hanya bisa menyaksikan ini jam demi jam, dan sangat indah. Bumi kita sangat indah.”

Administrator NASA Bill Nelson memberikan ucapan selamat setelah spacewalk dalam sebuah postingan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Cek Artikel:  Transformasi Digital Meningkat, Permintaan Interkonektivitas Naik

“Selamat @PolarisProgram dan @SpaceX atas spacewalk komersial pertama dalam sejarah!” tulis Nelson. “Keberhasilan hari ini merupakan langkah besar ke depan untuk industri luar angkasa komersial dan tujuan jangka panjang @NASA untuk membangun ekonomi luar angkasa AS yang dinamis.”

Hatch terbuka ke vakum ruang angkasa

Meski kru sebelumnya mencapai ketinggian puncak lebih dari 1.400 kilometer (870 mil), spacewalk terjadi saat kendaraan mereka melintasi antara 190 dan 700 kilometer di atas Bumi (118 hingga 435 mil).

Secara keseluruhan, kapsul Crew Dragon menghabiskan waktu sekitar dua jam terpapar ruang angkasa dengan hatch terbuka.

“Terdapat banyak waktu yang disiapkan untuk ventilasi (atau dekompresi pesawat ruang angkasa) dan re-kompresi,” kata Isaacman kepada CNN tentang jendela spacewalk dua jam. 

“Dan mungkin ketakutan terbesar yang (kami coba) lindungi adalah kegagalan untuk merekompresi kendaraan — karena kemudian yang Anda miliki hanyalah cadangan oksigen Anda untuk kembali ke rumah dalam waktu sekitar dua jam jika diperlukan.

“Jadi saya tidak mengharapkan kami akan memiliki banyak waktu untuk sightseeing,” tambah Isaacman.

Jas baru

Begitu Isaacman dan Gillis berada di luar kapsul, mereka fokus untuk menunjukkan bagaimana jas EVA baru mereka bekerja di ruang angkasa.

Jas EVA pada dasarnya berfungsi sebagai pesawat ruang angkasa untuk diri mereka sendiri — hanya saja dibentuk dan diformat untuk menyesuaikan dengan tubuh manusia. Berbeda dengan jas antariksa putih yang bengkak dan ikonik yang digunakan astronaut pemerintah saat keluar dari Stasiun Luar Nomorsa Dunia untuk spacewalk, jas EVA SpaceX tidak menyertakan Sistem Dukungan Hidup Penting, atau PLSS, menurut Garrett Reisman, mantan astronaut NASA yang bertindak sebagai konsultan SpaceX.

Cek Artikel:  DLCBlack Myth WukongDiumumkan, Rilis pada Imlek 2025

PLSS pada dasarnya adalah tas punggung yang memungkinkan astronaut ISS melayang lebih bebas di ruang angkasa untuk melakukan tugas kompleks, seperti memperbaiki dan mengganti perangkat keras di luar stasiun luar angkasa. Sebaliknya, kru Polaris Dawn akan menerima dukungan hidup mereka dari selang panjang yang terhubung ke pesawat ruang angkasa mereka.

Meski begitu, jas EVA SpaceX adalah prestasi rekayasa yang mengesankan. Perusahaan ini merancang dan mengembangkan jas antariksa tersebut dalam waktu hanya dua setengah tahun — khusus untuk misi ini.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan jas antariksa yang suatu hari nanti dapat diproduksi dalam skala besar, daripada objek mahal dan khusus yang saat ini digunakan oleh badan antariksa.

Begitu membahas visi untuk jas EVA dalam wawancara dengan CNN, Isaacman merujuk pada tujuan gambaran besar: suatu hari nanti memiliki pemukiman seluruhnya di ruang angkasa.

Isaacman mengatakan dia mendiskusikan visi tersebut dengan CEO SpaceX Elon Musk, dan mereka sepakat: “Kami perlu jas antariksa. Dan, Anda tahu, mereka seharusnya tidak menelan biaya ratusan juta dolar. Kami membutuhkan puluhan ribu dari mereka suatu hari nanti.” (CNN/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai