Berikut 2 Fakta tentang Argumen Orang Gemuk Rentan Ngorok

Berikut 2 Fakta tentang Alasan Orang Gemuk Rentan Ngorok
Argumen orang gemuk rentan ngorok(Dok. Freepik)

MENDENGKUR saat tidur bukan hanya gangguan suara, tetapi juga bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius, terutama bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan.

Jaringan lemak berlebih di area leher dan perut menjadi salah satu penyebab utama penyempitan saluran pernapasan, yang kemudian mengakibatkan dengkuran.

Dilansir dari Kenalan Keluarga, ngorok atau mendengkur terjadi saat seseorang mengeluarkan suara dari getaran jaringan lunak di saluran pernapasan selama tidur.

Baca juga : 8 Pengaruh Samping Mengonsumsi Buah Alpukat Secara Berlebihan

Meski dianggap wajar, mendengkur yang kronis atau disertai dengan henti napas singkat dapat menjadi tanda dari kondisi medis yang perlu diwaspadai.

Mengapa Orang Gemuk Sering Mendengkur?

Faktanya, pria dan orang dengan obesitas lebih rentan terhadap kebiasaan mendengkur. Salah satu penyebab utamanya adalah akumulasi lemak di sekitar leher yang menghambat aliran udara, membuat pernapasan menjadi lebih sulit selama tidur.

Cek Artikel:  Akses Perlindungan Jaminan Sosial PRT Lagi Rentan

Menurut Snorelab, sekitar 70% pasien yang menderita sleep apnea juga mengalami obesitas, dan lebih dari 95% orang dengan sleep apnea obstruktif adalah pendengkur.

Baca juga : Lingkungan yang Mendukung Kunci Penanggulangan Obesitas Anak

Berikut ini beberapa faktor utama penyebab mendengkur pada orang gemuk:

1. Lemak di Leher

Lemak yang menumpuk di leher memberikan tekanan pada saluran pernapasan atas, membuat jalur udara menyempit. Ketika berbaring, tekanan ini meningkat, menyebabkan aliran udara terganggu dan memicu dengkuran.

2. Lemak di Perut

Kelebihan lemak di perut dan dada juga berdampak pada kapasitas paru-paru. Lemak perut mendorong diafragma ke atas, mengurangi volume paru-paru, yang pada gilirannya membatasi aliran udara.

Cek Artikel:  Imam Besar Istiqlal Kagumi Penyelenggaraan MTQ Nasional

Baca juga : Obesitas Hingga 200 Kilogram, Tukang Ojek di Tangerang Harapkan Donasi Pemerintah

Ini membuat udara sulit masuk ke saluran pernapasan, memicu mendengkur bahkan memperburuk sleep apnea.

Apabila Anda mengalami kelebihan berat badan dan sering mendengkur, ada baiknya untuk mempertimbangkan langkah penurunan berat badan yang tepat serta perawatan medis terkait mendengkur.

Dengan penanganan yang tepat, masalah ini dapat diatasi dan kualitas tidur pun meningkat. (Z-10)

Mungkin Anda Menyukai